Tren Hunian 2016 Bergaya Futuristik

Big Banner

Hunian dan bangunan pada 2016 sepertinya akan mengarah pada tren gaya futuristik. Hal ini terlihat dari kecenderungan masyarakat yang lebih memilih bangunan berdasarkan fungsi.

Menurut Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY, Arief Heru Swasono, bentuk bangunan dan ruang akan lebih minimalis seiring perkembangan zaman.

Baca juga: Gedung Baru di DKI Harus Ramah Lingkungan

”Masyarakat akan lebih mengedepankan fungsi. Soal estetika akan mengikuti dengan sendirinya. Bentuknya jadi lebih futuristik. Hal ini untuk sambut era yang serba cepat dan instan,” ujarnya seperti dikutip dari Harian Jogja.

Bangunan juga dibikin dengan desain ramah lingkungan, misalnya dengan memilih perangkat elektronik yang hemat energi. Investasi awal memang dapat terbilang tinggi, namun untuk jangka panjang bisa lebih hemat.

Baca juga: Dinding Gipsum Lebih Ekonomis untuk Rumah

Tak hanya menjadi tren pada gaya hunian, bangunan lain seperti gedung perkantoran, mal, hotel, maupun apartemen, mulai ikut menerapkan konsep yang rumah lingkungan. Hal ini juga menjadi tantangan bagi pengembang untuk menghadirkan bangunan yang berpihak pada alam.

”Investor juga sedang wait and see. Sekarang mereka banyak mengembangkan hotel budget plus. Ada keunggulan lain misalnya kelengkapan fasilitas,” ujar Arief. (Ing)

rumah123.com