Kementerian PUPR Bangun Infrastruktur Kalimantan

Big Banner

Kementerian PUPR bersama  Zeni TNI AD akan membangun jalan batas Kalimantan Timur menuju Tiong Ohang dan ruas jalan Long Pahangai-Long Boh. Pembangunan ini sebagai kelanjutan dari nota kesepahaman mereka pada 27 April 2015.

Mengutip kompas.com, selain pembangunan bersama Zeni TNI AD tersebut, pemerintah juga merencanakan pembangunan lain di wilayan perbatasan dan pinggiran Indonesia.

“Selain itu, akan dibuka juga akses dari Tiong Ohang ke Long Pahangai yang dianggarkan dengan skema tahun jamak,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadi Mulyono.

Baca juga: Perbatasan dan Pinggiran Indonesia Prioritas Pembangunan

Penyelesaian jalan paralel perbatasan Kalimantan Utara yakni dari Long Boh (batas Kalimantan Timur), menembus hingga Metulang, Long Nawang, Long Pujungan, Long Kemuat, Langap, dan Malinau. Kondisi wilayah tersebut saat ini sebagian masih hutan dan terisolasi.

Begitu pula proyek pembangunan dari Apas, Simanggaris, menuju batas negara, seiring dengan pengerjaan jalan menuju perbatasan yang masih terisolasi, yakni menghubungkan Mensalong ke Tau Lumbis.

Penggarapan juga mencakup dari Malinau ke Long Bawan, dan penanganan ruas jalan di Pulau Sebatik, pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Pembangunan di sepanjang perbatasan dan pinggiran Indonesia tersebut sesuai dengan skenario kewilayahan Kementerian PUPR. Termasuk wilayah Temajuk-Sei Ular dan Sebatik yang merupakan WPS di Pulau Kalimantan.

Baca juga: Pembangunan Infrastruktur Genjot Pasar Properti

WPS tersebut didukung oleh pengembangan Bandara Paloh oleh Kementerian Perhubungan serta pembangunan Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) Subah dan KTM Gerbang Mas Perkasa di Kalimantan Barat. Juga KTM Simanggaris dan KTM Sebatik di Kalimantan Utara yang menjadi program unggulan Kementerian Desa.

“Dalam membangun dari pinggiran ini, Kementerian PUPR tetap fokus pada pendekatan kewilayahan,” kata Basuki menegaskan.

Cepat maupun lambat, sedikit atau banyak, pembangunan infrastruktur ini akan berpengaruh kepada pembangunan pulau Kalimantan secara menyeluruh.  (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me