Kementerian PUPR Kebut Penyerapan Anggaran

Big Banner

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan realisasi penyerapan anggaran belanja modal kuartal satu 2016, bisa mencapai 20 persen. Anggaran ini mengambil pagu belanja modara APBN sebesar Rp83,9 triliun.

Menurut Sekjen Kementerian PUPR, Taufik Widjoyono, pagu anggaran Kementerian PUPR sebesar Rp104,08 triliun, sebanyak 90 persennya dialokasikan untuk belanja modal. ”Kami akan memperketat percepatan penyerapan anggaran tersebut,” kata Taufik saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (9/2), seperti dikutip dari metrotvnews.com.

Baca juga: Menteri PUPR Resmikan Rusunawa Universitas Pekalongan

Ia menambahkan, pihak Ditjen Cipta Karya dan Perumahan paling lambat penyerapannya. Sedangkan Ditjen Bina Marga yang paling cepat.

Hingga saat ini, menurut Taufik, proyek yang sudah lolos tender sebesar Rp9,3 triliun. Ia berharap 90 persen bisa ditender hingga maret 2016.

Dari pagu yang ada, sebesar Rp77 triliun dialokasikan untuk pembangunan proyek, di mana Rp59 triliun harus melalui tender. Kemudian Rp18 triliun merupakan proyek swa-kelola yang tidak harus melalui tender. (Ing)

Baca juga: Kementerian PUPR Prediksi Rumah Menengah Naik Signifikan

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me