BPJS Sosialisasikan Program Rumah bagi Pekerja

Big Banner

Indonesia Working Group for Labour (LWGL) bersama Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menyosialisasikan program perumahan untuk pekerja bertajuk “Dapatkan Rumah dengan Kartu Peserta”.

Program yang dinamakan Perumahan Pekerja Kerja sama Bank (PPKB) ini, buah kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk. Kepala Kantor Cabang BPJS Rawamangun, Tonny W menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan menempatkan sejumlah dana iuran peserta di BTN.

Baca juga: BTN Siap Bangun 700 Ribu Rumah Murah

’’BPJS meminta BTN untuk mengelola dana peserta untuk ketenagakerjaan,’’ ujar Tonny dalam rilisnya, Rabu, (10/2) seperti dilansir sindonews.com.

Menurut Tonny, untuk menjadi peserta program ini cukup mudah. Pengajuan kredit di kantor cabang BTN dengan melengkapi persyaratan adiministrasi yang dibutuhkan.

Administrasinya sama dengan pengajuan KPR pada umumnya, yaitu rumah yang diajukan kreditnya merupakan rumah pertama peserta BPJS Ketenagakerjaan. Tonny optimistis akan banyak peserta yang antusias mendaftarkan diri dalam program ini.

Baca juga: Semarang, Kota Pertama BTN Realisasikan KPR

Divisi Investasi Langsung BPJS Ketenagakerjaan Pusat Kutta Panahattan mengatakan, program PPKB terdiri atas Kredit Konstruksi (KK), Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Pinjaman Uang Muka (PUM). Bunga yang ditentukan dalam program ini berkisar 3% sampai 4% ditambah BI rate.

Sang penentu bunga bukanlah BPJS, melainkan BTN, yang mengacu pada peraturan BI. Jangka waktu maksimal mendapatkan KPR dapat dilakukan sampai 20 tahun sejak terdaftar.

Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, dari 19,19 juta pekerja yang terdaftar, baik formal maupun informal, sekitar 7 jutanya belum punya rumah. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me