PU-Pera Siap Bangun 6 WPS di Sumatera

Big Banner

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) membangun infrastruktur di Sumatera berbasis 35 Wilayah Pengembangan Strategis (WPS). Konsep WPS yang dipikirkan oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) ini difokuskan untuk enam wilayah pertumbuhan sehingga pembangunan wilayah strategis dapat terhubung dan didesain sesuai dengan kapasitas yang ada. 

Adapun keenam WPS yang dibangun di Sumatera antara lain, Batam-Tanjung Pinang, Sabang-Banda Aceh-Langsa, Sibolga-Padang-Bengkulu, Jambi-Palembang-Pangkal Pinang-Tanjung Pandan dan Merak-Bakauheni-Bandar Lampung-Palembang-Tanjung Api Api (MBBPT), Medan-Tebing Tinggi-Dumai-Pekanbaru. 

Hermanto Dardak, Kepala BPIW menuturkan di dalam wilayah pertumbuhan terdapat sejumlah kawasan yang menjadi pusat pertumbuhan dan wilayah yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).  

“Misalnya, KEK Sei Mangke sebagai salah satu KEK di wilayah Sumatera yang perlu didukung, supaya kita yakinkan kawasan tadi terlayani secara intern sebagai wilayah pertumbuhan,” terang Hermanto seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Hal ini adalah pendekatan substansi yang dilakukan oleh PU-Pera yang tak hanya berupaya membangun infrastruktur PU-Pera terpadu berbasis pengembangan wilayah tapi juga dalam rangka mengajak sektor-sektor yang lain membangun dengan berbasis kewilayahan sesuai dengan potensi yang ada. 

Pulau Sumatera juga dikembangkan sebagai kawasan industri. Dari 15 kawasan industri yang diprioritaskan, salah satunya adalah kawasan industri Sei Mangke dan Kuala Tanjung yang terletak di Sumatera Utara.

rumahku.com