Tips agar cicilan KPR Anda tidak tersendat

Big Banner

Infoproperti.com – Berbicara mengenai KPR ini, tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat. Dengan melakukan kredit ini semua orang dapat membeli sebuah rumahtanpa harus membayar tunai dari harga rumah yang diajukan. Akan tetapi, yang mungkin menjadi suatu masalah bagi kebanyakan orang ialah lamanya waktu cicilan tersebut. Mengingat harga jual properti mengalami kenaikan yang tidak berujung dengan kenaikan gaji pokok bagi para pegawai. Tentunya ini akan berimbas kepada proses ciciclan KPR tersebut. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar pembayaran cicilan tidak tersendat.

Perbanyak Down Payment

Ketika berniat membeli rumah menggunakan system KPR tentunya satu hal yang harus dipersiapkan ialah down payment atau uang muka. Ketika menggunakan kpr biasanya uang muka yang harus dibayarkan ialah sebesar 30% dari harga rumah. Akan tetapi, jika tidak ingin mengalami masalah ketika membayar cicilan nantinya, lebih baik untuk menyiapkan DP lebih dari yang diminta. Dengan begitu cicilan yang harus dibayar tidak begitu berat dan juga memerlukan waktu yang lama. Untuk itu pastikan tidak terburu-buru ketika ingin membeli rumah, akan lebih baik jika mengumpulkan banyak dana yang dapat digunakan DP.

Ambil kredit dari Bank syariah

Ketika berniat ingin mengajukan KPR, pastikan memilih bank yang suku bunganya sesuai dengan pendapatan Anda. Ini untuk menghindari adanya penyitaan yang sering dilakukan oleh bank karena nasabah tidak dapat melunasi cicilan yang telah di tentukan. Jika ingin mendapatkan bunga yang ringan, lebih baik untuk memilih bank syariah. Karena suku bunga yang ditentukan oleh bank tersebut lumayan kecil dan juga tetap.

Jujur dengan kondisi keuangan

Ketika ingin berurusan dengan pihak Bank, pastikan untuk berkata jujur dan apa adanya. Pasalnya Bank Indonesia mengetahui riwayat keuangan semua nasabah selama menggunkan kartu kredit. Tidak hanya itu, kondisi penerimaan setiap bulan sudah pasti tidak sama juga, kadang lebih juga kurang. Untuk itu ketika keuangan sedang dalam keadaan krisis, tidak ada salahnya untuk mendatangi Bank dimana Anda melakukan kredit tersebut dan jujurlah mengenai kondisi keuangan Anda saat ini. Dengan begitu akan diberikan keringanan dalam membayar cicilan KPR-nya.

Membayar cicilan lebih banyak

Ketika ada rezeki lebih, tidak ada salahnya untuk membayar dana cicilan lebih banyak. Semakin banyak cicilan yang dibayarkan proses pelunasan pun juga segera selesai. Oleh sebab itu, ketika mendapatkan uang lebih, jangan pernah ragu untuk menggunakannya melunasi kredit rumah. Namun, semua itu harus dibicarakan terlebih dahulu kepada pihak bank, karena jika Anda melunasi kredit lebih cepat dari waktu yang telah ditetapkan biasanya akan diberikan denda.

Info Properti

infoproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me