Solusi Rumah di India

Big Banner

Siapa sangka bermain jenga bisa menjadi solusi kekurangan rumah. Tapi jangan salah dulu, ini bukan jenga melainkan kontainer kargo yang didesain menjadi apartemen pencakar langit. Projek ini merupakan hasil kompetisi singkat untuk mengatasi masalah rumah kumuh di Dharvi, India. Sebagian besar dari area ini tidak layak huni dengan sanitasi buruk dan tidak memiliki infrastruktur yang memadai. Tempat tinggal dari hasil recycle kontainer kargo menjadi solusi cemerlang. Selain mudah dikirim, pembuatannya juga relatif mudah dan tidak semahal konstruksi biasa.

Desain proposal arsitek Spanyol, CRG Architects, merupakan desain dengan struktur tertinggi. Tower pertama mencapai ketinggian 400 meter dan tower kedua mencapai ketinggian 200 meter. Dua tower tersebut akan dibangun dari 2500 kontainer kargo untuk menyediakan rumah bagi 1500 keluarga. Tower yang terbentuk dengan rotasi unik ini memiliki fungsi untuk sirkulasi udara dan menyejukan gedung. Satu unit kontainer dapat dibagi menjadi dua tipe studio. Sedangkan unit tiga kamar dapat dapat dibentuk dengan menggabungkan sampai 3 kontainer. Setiap unit akan memiliki desain ramah lingkungan dengan merecycle air buangan. Bagian inti dari gedung ini akan dibangun dari beton dan baja beserta struktur lift. Tower ini juga dilengkapi dengan taman dan kontainer air untuk membantu mengatur temperatur.

Pemenang pertama mendesain tower setinggi 100 meter yang dilengkapi dengan struktur yang lebih persegi. Selain itu apartemen juga dilengkapi dengan panel solar dan turbin angin. Desain yang lebih ramping ini dinilai cocok untuk diterapkan ditempat yang sempit.

Pemenang kedua, Dio Inno Architects, mengunakan pendekatan yang berbeda. Desain lebih horizontal dan tower dengan ketinggian medium. Komplek didesain dengan berbasis segitiga yang menyerupai jembatan untuk melintasi persimpangan ramai.

Kompetisi ini memiliki potensial menjadi solusi universal mengatasi masalah perumahan di kota padat lainnya. Bagaimana dengan Jakarta?Ingin tahu rasanya tinggal di rumah kontainer?

infoproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me