Penurunan Suku Bunga Acuan, Picu Gairah Investasi Properti

Big Banner

Rencana Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan pada Januari lalu, disambut baik para pengembang properti. Mereka meyakini, jika suku bunga acuan turun, masyarakat akan mengalihkan investasi ke properti.

”Kalau dolar bagus, ada peluang menurunkan lagi. Tentu bunga deposito ikut turun. Masyarakat mungkin beralih ke investasi lain. Kami yakin permintaan properti akan naik,” ujar Direktur PT. Intiland Grande, anak usaha Intiland, David Hose, seperti dikutip dari JPNN.

Menurutnya, ada sebagian besar investor yang memilih properti sebagai sarana investasi. Kendati demikian, tidak semua pembeli merupakan investor. Pembeli end user justru mendominasi, jumlahnya mencapai 60 persen.

Baca juga: Tahun Ini, Ciputra Genjot Penjualan Ecopolis

’’Mereka beralasan, kebanyakan transaksi pembelian properti menggunakan fasilitas kredit perbankan. Beda dengan investor, mereka cenderung memilih cash secara bertahap,” tutur David.

Mengantisipasi hal itu, pihaknya meluncurkan Graha Natura tahap kedua di atas lahan seluas 38,2 hektar. Nantinya, ia akan mengarahkan pembangunan tahap kedua ke konsep mixed-use.

Itu artinya, bukan hanya residensial, melainkan juga komersial, dan high rise. Apalagi residensial di tahap pertama sudah terjual dari total lahan sekitar 30 hektar.

”Kami awali dengan meluncurkan klaster Edenia di lahan seluas 5,3 hektar sebanyak 200 unit. Kami optimistis bisa menjual seluruhnya tahun ini. Pembangunan dimulai bulan ini dan selesai pada Maret 2018. Perkiraan investasi, baik infrastruktur maupun unit rumah, sekitar Rp300 miliar,” ujar David.

Baca juga: Cendana Regency Siap jadi Ikonik Sawangan

General Manager Graha Natura Tan Edison menyatakan, potensi pasar di bawah Rp2 miliar masih besar. Developer menyikapi pasar tersebut dengan menyiapkan produk yang luas bangunannya tidak terlalu besar.

”Kami menyebutnya rumah tumbuh karena pembeli bisa menambah luas bangunan sesuai dengan kebutuhan masing-masing tapi berdasar panduan pengembangan kawasan,” ucapnya. (Ing)

rumah123.com