Progres Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung

Big Banner

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Lampung untuk meninjau pembangunan jalan tol Trans Sumatera pada Kamis (11/2). Sebagai informasi, jalan tol Trans Sumatera akan menghubungkan Lampung hingga Aceh dengan total panjang mencapai 2.818 kilometer.

Saat mengunjungi Lampung, Presiden Jokowi meninjau pembangunan jalan tol jalur Bakauheni-Terbanggi Besar di Desa Sabahbalau. Dalam kunjungannya, Presiden mengaku terkejut dengan perkembangan pembangunanan yang sangat cepat.

“Saya mendatangi lagi lokasi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera di Desa Sabahbalau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Ini kunjungan saya keempat di Lampung. Hasilnya menggembirakan. Perkembangannya sangat cepat sekali,” tulis Presiden Joko Widodo dalam laman Facebook resminya.

BACA JUGA : SEJARAH PEMBANGUNAN JALAN TOL PERTAMAN DI INDONESIA

Presiden Jokowi mengaku gembira dengan progres pembangunan yang sangat cepat sehingga membuatnya optimis jika pada Lebaran tahun ini, beberapa ruas jalan tol sudah bisa dicoba oleh masyarakat umum.

“Hasilnya menggembirakan. Perkembangannya sangat cepat sekali. Kalau pembangunan berjalan sesuai rencana, akan meningkatkan kepercayaan kepada Pemerintah. Tadi saya lihat konstruksi jalan yang sudah dicor sejauh hampir 8 km. Pada saat lebaran beberapa ruas sudah dapat dicoba,” tambah Jokowi.

Megaproyek Jalan Tol Trans-Sumatera sendiri diresmikan pengerjaannya pada 30 April 2015 oleh Presiden Jokowi. Proyek ini diperkirakan membutuhkan anggaran mencapai Rp 360 triliun. BUMN PT Hutama Karya ditunjuk menjadi kontraktor tunggal, namun dalam perkembangannya, pembangunan jalan tol ini melibatkan juga 3 BUMN lain, yakni PT Waskita Karya, PT Adi Karya, dan Wijaya Karya.

rumahku.com