Tinggal di Rusunawa Ini Hanya Rp 230 Ribu per Bulan

Big Banner

Menjadi bagian dari program Presiden Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI, rumah susun sewa (Rusunawa) Rawa Bebek yang penggarapannya dimulai sejak September 2014, kini telah siap ditempati. 

Berdiri di atas lahan seluas 176.448 m2, dari 6 tower yang telah rampung pengerjaannya, sebanyak 4 tower sudah siap untuk ditempati. Menurut Ani Suryani, Kepala Unit Pengelola Rusun Wilayah III Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta, sudah ada 1.000 orang lebih yang mendaftar, dan 600 di antaranya sudah diundi.  

“Total hunian sebanyak 750 unit, satu unit diperuntukkan bagi dua orang, jadi total dapat menampung sebanyak 1.500 penghuni. Saat ini sebanyak 500 unit sudah siap untuk ditempati. Bahkan beberapa unit, sudah mulai ditinggali. Ada juga yang baru mencicil memindahkan barang,” kata Ani saat ditemui di rungan kantornya di Rusunawa Rawa Bebek.

Dibiayai sepenuhnya oleh APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), tiap tower di Rusunawa Rawa Bebek terdiri dari 6 lantai dengan jumlah total hunian sebanyak 125 unit. Tower yang sudah siap untuk ditempati antara lain Tower B, C, D, dan E. 

BACA JUGA : INILAH KEHIDUPAN DAN FASILITAS DI RUSUNAWA MARUNDA

“Untuk tower C dikhususkan bagi penyewa perempuan. Sedang untuk tower A dan F, akhir Maret sudah akan siap huni, ” jelas Ani.

Ditujukan bagi buruh atau pekerja yang belum menikah, harga sewa di Rusun Rawa Bebek dipatok seharga Rp 460 ribu. Uang sewa tersebut nantinya akan dipakai untuk biaya operasional perawatan rusun, seperti halnya untuk fasilitas keamanan, kebersihan, dll. Sedangkan untuk biaya listrik dan air ditanggung oleh pihak penyewa. 

Cukup murah, mengingat satu kamar dapat dihuni oleh dua orang penyewa. Belum lagi di dalam kamar sudah dilengkapi dengan perangkat mebel layaknya tempat tidur tingkat, dua meja dan dua kursi, serta lemari dan kamar mandinya ada dua. Satu diperuntukkan untuk mandi, satunya lagi berfungsi sebagai toilet.   

Kalau berdua berarti masing-masing iuran Rp 230 ribu saja. Sangat murah tentunya, kami perkirakan kalau disewakan layaknya apartemen, dengan spesifikasi bangunan dan fasilitas yang tersedia, harganya bisa Rp 3 juta sampai Rp 4 juta per bulan,” kata Ani.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me