Rumah “Wanita Besi” di London Ditawarkan Rp584 Miliar

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan Margaret Thatcher. Dia adalah perdana menteri Inggris periode 1979 – 1990 dan menjadi perempuan pertama di dunia yang memimpin sebuah negara demokrasi. Perempuan berjuluk “wanita besi” ini memang telah tiada tahun 2013, pada usia 87 tahun karena menderita stroke. Nah, sekarang rumah pribadinya dijual dan ditawarkan dengan harga 30 juta pound atau sekitar Rp 584 miliar.

Rumah-Thatcher-1

Lokasi rumah bernomor 73 ini memang top, di Chester Square, salah satu daerah premium di London dan masuk kategori grade II di ibukota Inggris Raya. Rumah empat lantai ini memiliki enam kamar tidur dan dilengkapi dengan sebuah perpustakaan di lantai satu yang menjadi ruang favorit Baroness Thatcher, media room, bar, wine cellar dengan 500 botol anggur dan gym. Kamar tidur utamanya yang dilengkapi dengan ruang pakaian dan kamar mandi dalam berada di lantai dua. Rumah berdesain stucco-fronted ini adalah termasuk bangunan lawas, dan beberapa bagiannya sudah dibangun di antara tahun 1820-1840.

Rumah-Thatcher-2

Thatcher mendiami rumah ini pada tahun 1991, sampai dirinya terserang stroke. Meski rumah pribadi, tapi karena sesekali dihuni semasa kepemimpinannya, rumah ini juga diimbuhi aneka fitur untuk keamanan. Seperti pagar besi, pintu depan yang anti bom dan kaca anti peluru pada jendela-jendelanya yang menghadap taman.

Sebelum ditawarkan, Leconfield, sebuah perusahaan konstruksi asal Belgravia, membeli rumah ini pada tahun 2013. Perusahaan tersebut kemudian memperbaiki dan menambah beberapa fitur lain, seperti lift, garasi, roof terrace, atap kaca dan sepasang perapian asli dari era Louis XVI di ruang duduk. Semua proses renovasi itu menghabiskan masa konstruksi 18 bulan. Beberapa “peninggalan” Thatcher tetap dipertahankan, seperti plakat nomor di lantai depan pintu, lapisan hopton wood limestone pada lantai di entrance hall yang juga dipakai di Houses of Parliament. “Kami mencoba untuk mengkombiasikan secara sempurna antara tradisional dan gaya hidup masa kini, “ kata George Brooksbank, managing director of Leconfield.

Rumah-Thatcher-3

Karena itu, “Rumah ini termasuk salah satu properti istimewa, tidak saja karena lokasi, perbaikan yang sudah dilakukan juga sejarah tentunya. Bahkan, kalau dindingnya bisa bicara, mereka mungkin bisa cerita di mana dan bagaimana Ronald Reagan atau petinggi dunia lain duduk saat menghadiri undangan makan malam bersama Yang Dipertuan Thatcher,” kata Richard Gutteridge, head of Savills Sloane Street. Savills ditunjuk sebagai broker penjualan rumah ini.

Sumber: CNBC, The Guardian & Domain

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me