Wapres Jusuf Kalla Janji Siapkan Lahan untuk Hunian MBR di Perkotaan

Big Banner

JAKARTA, jktproperty.com – Wapres Jusuf Kalla meminta pengembang agar pembangunan hunian bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tidak jauh dari lokasi bekerja. Sementara untuk di perkotaan, mengingat sulitnya memperoleh lahan, pemerintah akan mengoptimalkan aset tanah milik BUMN untuk dibangun hunian bagi MBR.

“Masyarakat yang penghasilanya kecil, kemampuan keuangannya sangat terbatas. Kalau masyarakat memiliki penghasilan kecil, tentu harus memiliki hunian yang dekat dengan tempat kerja, agar mereka lebih semangat lagi,” katanya dalam sambutan pembukaan Indonesia Property Expo (IPEX) 2016 yang berlangsung di JCC Jakarta, 13-21 Februari 2016.

Menurut JK, masyarakat yang memiliki kemampuan penghasilan kecil harus bertempat tinggal jauh dari lokasi tempat kerja, maka dia akan memikul beban yang berat yaitu penghasilannya habis untuk ongkos transportasi. “Kalau orang kaya boleh punya rumah agak jauh. Karena punya mobil, punya akses. Kalau dia pedagang kecil rumahnya jauh, akan habis dia punya uang untuk bayar transportasi,” katanya.

Namun, kanjut dia, untuk membangun rumah MBR di tengah kota tentunya tidaklah mudah, karena terhadang persoalan lahan. Untuk itu, lanjut dia, pemerintah akan menyiapkan lahan lahan milik BUMN yang diperuntukkan bagi pembangunan hunian bagi kalangan MBR. “Karena lahan juga sulit, satu-satunya solusi adalah rumah susun. Kita harus berpikir seperti itu agar ekonomi negara lebih efisien,” tambahnya.

Dalam sambutannya, JK juga meminta kalangan pengembang dan stakeholder perumahan, untuk memikirkan nasib masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), untuk dapat memiliki rumah dan mendapat kehidupan yang lebih layak. “Bila mereka tidak diurus, akan menimbulkan kesenjangan sosial yang semakin tinggi. Tentu, akibat lanjutannya akan berbahaya.” (DHP)

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me