Tips Mengatasi Kelembaban Pada Kamar Mandi Tanpa Jendela

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Saat ini beragam desain kamar mandi modern banyak tercipta oleh para desain-desain rumah, dari yang kamar madi tanpa sekat, kamar mandi dengan kaca sebagai sekat atau kamar mandi tanpa jendela, untuk kamar mandi tanpa jendela mungkin banyak hal-hal yang akan timbul seperti bau karena kurangnya sirkulasi udara.

Untuk mengakali kamar mandi tak berjendela, berikut ini tiga cara yang mungkin bisa menjadi solusi pas buat Anda:
 
1. Perpaduan jalusi dan exhaust fan
 
Karena tidak ada dinding kamar mandi yang berbatasan dengan ruang luar, maka exhaust fan mesti dipasang di plafon. Idealnya, jenis yang digunakan adalah exhaust fan tipe sirocco (exhaust fan dengan penghisap seperti AC).
 
Namun, jika tidak memungkinkan memasang jenis ini, Anda bisa memilih menggunakan tipe baling-baling. Syaratnya, jarak antara atap dengan plafon minimal 1,5 meter dan atap memiliki ventilasi untuk mengalirkan udara hasil buangan exhaust fan.
 
Berapa daya sedot yang dibutuhkan? Untuk kamar mandi, Anda membutuhkan daya sedot sebesar 5 kali dimensi ruang (meter kubik). Misalnya, kamar mandi Anda berukuran 2 meter x 3 meter dengan tinggi 2,5 meter, maka daya sedot minimal dibutuhkan sebesar 5 x 15 meter kubik = 75 meter kubik per jam.
 
Pemakaian exhaust fan ini dapat digabungkan dengan penggunaan jalusi pada pintu. Jalusi dapat memasukkan udara ke dalam kamar mandi, terutama ketika exhaust fan dipasang.
 
Agar hasilnya optimal, pasang exhaust fan pada plafon yang berseberangan dengan pintu agar udara dapat berputar di kamar mandi. Sirip-sirip pintu jalusi sebaiknya juga dibuat miring ke arah atas, bukan ke bawah agar angin dingin dapat masuk dari arah bawah.
 
2. Menggunakan buangan AC
 
Salah satu ide untuk mengatasi kelembaban dalam rumah adalah menggunakan udara buangan AC untuk mengurangi lembab akibat air. AC ini untuk kamar tidur yang letaknya bersebelahan dengan kamar mandi. Di kamar mandi bisa dibuatkan semacam cerobong, dan di salah satu sisi cerobong itu diletakkan blower AC, sedangkan pada sisi seberangnya diberi lubang ventilasi dari bilah-bilah kayu. Di siang hari atau saat AC tidak dinyalakan, lubang tersebut berguna untuk mengalirkan udara ke dalam kamar mandi.
 
Namun, bagaimana dengan efek samping, seperti udara panas dari blower AC? Jangan khawatir! Udara panas tersebut tak akan terlalu terasa, karena ada ventilasi di seberangnya. Lagipula, panas inilah yang membuat air di kamar mandi cepat menguap sehingga kelembaban jadi berkurang.
 
3. Kurangi air
 
Cara lain agar kamar mandi tidak lembab adalah dengan mengurangi jumlah air yang ada di kamar mandi. Usahakan tidak menggunakan bak mandi. Untuk kegiatan mandi, gunakanlah shower. Selain mengurangi kelembaban, menggunakan shower akan lebih menghemat air. 
 

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me