Anda Ingin Sewa Rumah ? Perhatikan 5 Point Penting

Big Banner

SolusiProperti.com – Memiliki rumah hunian sendiri tentu merupakan sesuatu yang anda impikan. Bagi pasangan muda yang baru menikah dan belum memiliki rumah sendiri, akan lebih tertarik menyewa rumah untuk ditempati daripada tinggal di rumah mertua sendiri. Hal ini karena merasa belum memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah baru ataupun second.

Untuk mereka  yang mengutamakan unsur kenyamanan, keamanan, dan tren terkini, rumah baru yang berada di area klaster atau townhouse kerap menjadi buruan. Jika dicermati, harga satu unit rumah sewa kondisi baru di area klaster kadang tak berbeda jauh dengan rumah yang berada di luar klaster.

Akan tetapi jangan mudah tergiur dengan harga yang ditawarkan saja, karena ada beberapa hal yang perlu Anda periksa dengan cermati sebelum anda menyewa rumah, antara lain :

1.Buat Daftar Pilihan

Bila tak punya banyak waktu untuk berkelana mencari rumah sewa, situs properti online seperti solusiproperti.com bisa dimanfaatkan. Anda bisa menelusuri berbagai rumah sewa di daerah mana saja dengan spesifikasi lengkap, harga, foto rumah luar-dalam, alamat, fasilitas, hingga nomor telpon penyewa. Setelah merangkum daftarnya, Anda bisa mendatangi langsung lokasi rumah sewa untuk melihat kondisinya. Apakah sesuai dengan yang tercantum di listing atau tidak. Pastikan Anda tak hanya terpaut dengan satu rumah saja saat melakukan survei.

2.Periksa Teliti

Sambil melihat-lihat tampilan luar maupun dalam rumah yang hendak disewa, Anda juga dituntut untuk memeriksa bangunan dan konstruksinya. Jangan sampai saat sudah menempati kelak ditemukan dinding retak, atap bocor, jendela rusak, pintu macet, hingga saluran air di kamar mandi yang mampet. Jika menemukan hal ini, segeralah minta pemilik rumah untuk memperbaikinya. Anda pun tak disalahkan akan kerusakan yang sudah ada sebelum Anda menghuni rumah tersebut.

3.Kenaikan Harga Sewa

Di kawasan strategis, seperti dekat dengan perkantoran dan pusat perbelanjaan, biasanya rumah sewa laris manis. Di kawasan inilah para pemilik rumah cenderung terus menaikkan harga sewa karena mereka bisa melakukannya. Untuk itu, Anda sebagai calon penyewa sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu sebelum menentukan rumah yang akan disewa. Prediksi pula kondisi ekonomi atau regulasi pemerintah yang dapat menyebabkan harga sewa naik.

4.Bulanan atau Tahunan?

Perlu diingat, para pemilik rumah menyewakan rumah mereka untuk mendapatkan keuntungan. Sebagian besar memilih menerapkan sewa per bulan, tetapi ada pula yang meminta sewa per tahun—dengan dibayar di muka.Sebagai penyewa, Anda sebaiknya menghitung keuangan dengan cermat. Dengan menyewa per tahun, mungkin Anda akan terhindar dari kenaikan sewa, tetapi keuangan Anda mungkin akan menipis—sementara Anda memerlukan uang untuk kebutuhan pokok sehari-hari.

5.Perawatan rumah

Hal terakhir yang perlu dibuat perjanjian secara tertulis antara pemilik dan penyewa adalah perawatan rumah. Jangan sampai biaya perawatan dan kerusakan rumah dibebankan hanya kepada penyewa. Rata-rata, pembagian ongkos perawatan rumah dibagi menjadi 50:50. Pembayaran ini bisa dilakukan secara langsung saat perbaikan dikerjakan, atau penyewa menanggung dahulu semua biaya dan dipotong saat membayar iuran sewa.

Nah …… bagi anda pasangan baru menikah ataupun keluarga yang akan menyewa rumah, semoga catatan ini dapat bermanfaat. (ebb)

 

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me