Kesalahan-Kesalahan Yang Harus Di Hindari Saat Mendekorasi Rumah

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Mendekorasi rumah adalah gampang-gampang susah. Mendekorasi rumah sendiri tidak hanya akan menghemat biaya tapi juga bisa menambah sentuhan pribadi Anda ke dalam rumah. Namun mendekorasi rumah bukanlah pekerjaan yang mudah, karena jika salah penempatan dan tata letak justru akan membuat tempat tinggal berkurang keindahannya.

Ada beberapa tindakan dalam mendekorasi rumah sendiri yang sebaiknya jangan Anda lakukan, seperti yang dikutip dari Helium sebagai berikut:
 
1. Menempatkan Semua Furnitur ke Dekat Dinding
Banyak orang mengira ruangan akan terkesan lebih luas jika semua furnitur ditempatkan menempel pada dinding; mulai dari sofa, kursi dan meja. Tapi yang terlihat justru sebaliknya, ruangan terlihat tidak rapi dan terkoordinasi dengan baik. Furnitur akan tampak lebih bagus dan ruangan terkesan lebih ‘mengundang’ jika ditempatkan di angle yang dikelilingi ruang kosong. Tempatkan set furnitur di tengah-tengah ruangan. Furnitur sebaiknya tidak diletakkan terlalu berjauhan agar orang bisa berkomunikasi lebih mudah ketika mengadakan diskusi kecil di ruang tamu. 
 
2. Asal Menempatkan Hiasan Dinding
Memajang hiasan seperti foto atau artwork di dinding merupakan cara mendekor rumah yang simpel namun efeknya cukup besar dalam tampilan keseluruhan ruangan. Namun Anda tidak bisa asal menempatkan hiasan di dinding. Banyak orang yang tidak mengetahui aturan memajang hiasan dinding. Umumnya, hiasan digantung terlalu tinggi sehingga membuatnya sulit dinikmati tamu. Atau hiasan terlalu kecil sementara ruangan atau space dinding terlalu besar hingga ruangan terkesan kosong. Cara tepat untuk menggantung hiasan dinding adalah menempatkannya di tengah-tengah dan lebih rendah yang bisa dijangkau mata.
 
3. Pencahayaan Terlalu Gelap atau Terang
Pencahayaan yang kurang tepat tidak hanya membuat ruangan terlihat kurang bagus, tapi juga mengganggu kenyamanan orang yang berada di dalam rumah. Para ahli tata ruang menyarankan, lampu sebaiknya diletakkan di bawah atau sejajar dengan pandangan mata. Jika Anda memasang lampu di langit-langit, gunakan lampu yang lebih redup sehingga cahaya dari atas tak terlalu terang. Pilih lampu yang bisa dipasang di meja atau lantai jika memungkinkan, dan pastikan dikoordinasikan dengan elemen dekorasi lainnya.
 
4. Terlalu Banyak Aksesori
Memakai aksesori seperti guci, bingkai foto atau pajangan lainnya bisa jadi cara untuk menghias ruangan. Tapi jika Anda mengeluarkan semua pajangan yang Anda punya sekaligus akan membuat ruangan terlihat sempit dan berantakan. Cukup pilih beberapa item untuk satu ruangan dan perhatikan model serta ukurannya. Pajangan berukuran besar sebaiknya diletakkan tak lebih dari dua item di satu ruangan. Sementara pajangan yang berukuran kecil, bisa diletakkan di ruang tengah atau kamar. Memajang sedikit aksesori di ruangan akan membuat tamu lebih fokus memerhatikan keindahannya, dibandingkan ruangan dengan banyak barang.
 
5. Menggabungkan Warna Terang Sekaligus
Pemilihan warna tertentu bisa mengubah suasana ruangan Anda secara total dengan instan. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam pemilihan warna khususnya untuk ruang tamu. Menggabungkan warna-warna terang dengan motif terlalu ramai akan membuat ‘sakit mata’. Jika berencana memakai warna terang, sebaiknya tidak mengecatnya ke seluruh ruangan. Kombinasikan dengan warna-warna lembut atau netral. Jika tetap ingin menggunakan warna terang sebagai cat utama, lembutkan dengan karpet atau sofa warna muda atau dusty.
 

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me