Begini Caranya Ajukan KPR BTN Online

Big Banner

Jakarta -PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menargetkan bisa menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk 700.000 unit rumah di tahun 2016. Berbagai upaya pun dilakukan perusahaan untuk memuluskan pencapaian target tersebut.

Salah satunya meningkatkan kualitas layanan dengan cara memanfaatkan teknologi informasi. Dalam acara Indonesia Property Expo 2016 yang berlangsung sejak tanggal 13-21 Februari 2016 di JCC Senayan, Jakarta, emiten berkode saham BBTN itu memperkenalkan pengajuan KPR secara online.

BTN menawarkan program 3 in 1 dalam pengajuan KPR online, yaitu:

  •     Pilih properti
  •     Apply KPR
  •     Approval

Berdasarkan penelusuran detikFinance, pengajuan KPR secara online ini terbilang cukup mudah karena bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Cara pengajuan KPR secara online adalah sebagai berikut :

  •     Registrasi di www.btnproperti.co.id bisa diakses via laptop atau telepon seluler terkoneksi internet.
  •     mengisi data-data yang tersedia di situs tersebut
  •     Verifikasi data registrasi via email
  •     Login ke web www.btnproperti.co.id
  •     Memilih kriteria rumah yang diinginkan
  •     Melakukan pengajuan KPR disertai dengan scan KTP dan slip gaji
  •     Mendapatkan approval dari Bank BTN

Pengajuan KPR via online ini hanya sampai pada tahap pengajuan Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit (SP3K), apabila disetujui oleh pihak bank, maka konsumen perlu melengkapi berkas yang dibutuhkan. Namun, tak semua permohonan disetujui, hanya yang memenuhi persyaratan saja bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

“Pengajuan KPR via online ini hanya sebatas SP3K, nanti untuk lengkapi berkas-berkas yang lain kalau di approved di Bank BTN yang bersangkutan, misal kita pilih rumah di daerah Jakarta Selatan, nanti sistem secara otomatis langsung mengarah ke Bank BTN di daerah Jakarta Selatan, dan nggak semua juga di approved kan lihat dulu memenuhi persyaratan atau nggak, dilihat juga slip gajinya,” ujar Asnawi salah satu staf yang memperkenalkan sistem pengajuan KPR online, di Indonesia Property Expo 2016, JCC Senayan, Jakarta, Senin (15/2/2016).

Ia menambahkan sejak pembukaan hari pertama event ini, sudah ada sekitar 50 orang yang mendaftar online di booth pengajuan KPR online BTN.

“Pas pembukaan udah ada yang ngajukan langsung sekitar 10 orang, kalau sampai hari ini sih kurang lebih 50-an orang,” tambah Asnawi.

Menurut seorang pengunjung bernama Ayu yang menjajal simulasi pengajuan KPR secara online, cara ini cukup praktis dan mudah karena dapat dilakukan dimana saja.

“Mudah dan praktis, nggak perlu capek ke bank dari mana aja bisa akses,” kata Ayu kepada detikFinance.

“Cukup efektif ya, apalagi sekarang apa-apa kan kebanyakan juga via online, kalau kaya saya pekerja gini kan waktunya terbatas, nah dengan adanya KPR Online ini jadi bisa akses kapan aja lebih flexible, apalagi saya memang ada niatan untuk mencari rumah, jadi coba program ini,” tambah Ayu.

Hal yang sama juga diungkapkan Loan Service Staff Bank BTN, Budi Prasetyo Wibowo yang mengatakan adanya program ini efektif dan lebih cepat dan ada peningkatan pengajuan KPR karena lebih mudah.

“Efektif ya dari segi proses karena tidak terbatas ruang dan waktu, ada peningkatan karena orang lebih tertarik lebih mudah juga, tapi tetap aja sih kalau kekurangan data tetap harus dilengkapi dengan datang ke bank,” ungkap Budi.

(hns/hns)

finance.detik.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me