Anak Usia 0-17 Tahun Wajib Miliki KTP, Ini Cara Membuatnya

Big Banner

Pembuatan kartu identitas penduduk untuk anak-anak di bawah 17 tahun tampaknya bukan isapan jempol belaka. Menteri dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, kini mewajibkan semua anak-anak di Indonesia memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Seperti diketahui sekitar dua tahun lalu, pemerintah sempat menggalakkan program e-KTP bagi anak-anak dibawah 17 tahun. Namun pelaksanaanya tidak maksimal karena masih banyak masyarakat yang belum tahu. Alhasil, hanya ada beberapa anak saja yang memilikinya.

Belajar dari fenomena tersebut, kini pemerintah membuat program wajib pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) yang fungsinya serupa dengan KTP. Kartu tersebut untuk anak berusia 0-17 tahun dan mulai diberlakukan tahun ini.

BACA JUGA : 5 CARA KREATIF MANFAATKAN KERANJANG BEKAS BAYI

Menurut Tjahjo, KIA wajib hukumnya sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016. KIA akan diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten/Kota. Tujuannya untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

“Pertimbangannya saat ini anak yang umurnya belum 17 tahun atau belum menikah tak memiliki identitas yang bersifat nasional. Khususnya yang terintegrasi dengan Sistem Informasi dan Administrasi kependudukan (SIAK),” tutur Tjahjo, seperti yang diterima Rumahku.com.

Jadi bagi Anda yang memiliki anak, saudara atau orang terdekat dibawah 17 tahun, silahkan berbagi informasi ini. Seperti dikutip dari situs web Kemendagri, berikut ini simak syarat dan cara membuat KIA!

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me