Bandung Jadi Kota dengan Pasok Perkantoran Sewa Tertinggi

Big Banner

JAKARTA, jktproperty.com – Bank Indonesia dalam survei properti komersialnya yang dipublikasikan pekan ini mengungkapkan bahwa Bandung, dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya, tercatat sebagai kota dengan pertumbuhan pasokan perkantoran sewa tertinggi di Indonesia.

Data BI mengungkapanindeks pasokan perkantoran sewa di Kota Kembang meningkat 11,03% pada 2015. Tingkat kenaikan ini jauh di atas pertumbuhan di wilayah Jabodebek dan Makassar, yang masing-masing meningkat 5,72% dan 0%. BI juga menyebutkan pertumbuhan tersebut berbanding terbalik dengan kondisi 2014, ketika Bandung mengalami penurunan hingga 14,06%. Secara nasional, peningkatan pasokan perkantoran tahun lalu naik 6,17%.

Namun, demikian diungkapkan BI, besarnya tambahan pasokan tidak diiringi oleh tingginya permintaan. Pada akhir 2015, pertumbuhan indeks permintaan perkantoran sewa di Bandung hanya meningkat 1,5%. Kendati demikian, kondisi ini lebih baik ketimbang 2014 ketika terjadi penurunan permintaan hingga 16,61%.

BI menuturkan secara keseluruhan suplai properti komersial pada kuartal IV/2015 menunjukkan pertumbuhan dibandingkan kuartal sebelumnya, dari 0,45% menjadi 0,88%. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya pasokan dari seluruh segmen properti. Secara regional wilayah Bandung mengalami kenaikan pasokan tertinggi pada perkantoran sewa. (EKA)

 

 

 

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me