Perancis Bangun 1.000 Km Jalan dari Panel Surya

Big Banner

KOMPAS.com – Perancis akan memasang 1.000 kilometer jalan raya surya dengan menggunakan trotoar surya milik Colas Wattway.

Kolaborasi ini dimungkinkan berkat kesepakatan antara Colas, sebuah perusahaan infrastruktur transportasi dengan Institut Energi Solar Nasional Perancis yang disetujui oleh Badan Lingkungan Hidup dan Manajemen Energi Perancis.

Tujuan kerjasama ini untuk mengoptimalkan tenaga surya pada ribuan kilometer jalan di Negeri Mode ini selama lima tahun ke depan.

Sistem Wattway yang digunakan itu tidak menggantikan jalan atau menghapuskan permukaan jalan, melainkan dibuat dan dirancang untuk menempel pada trotoar jalan yang sudah ada.

Sistem Wattway ini juga dibuat menggunakan lapisan bahan yang mampu memastikan ketahanan dan cengkeraman ban dengan tebal bahan hanya 7 milimeter.

Berbeda dengan desain jalan surya serupa yang secara radikal menggunakan panel kaca tebal. Menurut Colas, material sistem Wattway ini cukup kuat untuk menahan beban kala terjadi kemacetan, bahkan mampu menahan beban truk.

Bukan hanya itu, panel Wattway seluas 20 meter persegi mampu menyediakan cukup listrik untuk rumah tunggal di Perancis.

Sementara jika nanti yang digunakan seluas 1 kilometer dapat dipastikan sistem tersebut mampu menyediakan listrik untuk penerangan umum di kota dengan 5.000 penduduk.

Menurut Global Construction Review, tender untuk inisiatif “Energi Positif” Perancis telah diterbitkan dan tes pada panel jalan surya akan dimulai musim semi ini. Meskipun lokasi dan biaya tepatnya untuk proyek tersebut belum ditentukan.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me