Strategi Jitu Kredit Rumah agar Tak Ribet

Big Banner

Memiliki rumah impian memang menyenangkan. Meskipun untuk mencapai hal itu kamu harus memakai sistem KPR bank.

Nah, agar kredit rumah tak sampai merepotkan di kemudian hari, kamu perlu menyusun strategi khusus. Terpenting, buatlah daftar prioritas yang kamu inginkan, termasuk mengenai pembayaran rumah tersebut.

Berikut empat strategi jitu agar kamu terhindar dari kesulitan pembiayaan kredit rumah:

Tentukan besaran pembiayaan yang kamu sanggupi

Kamulah yang paling tahu seberapa besar kesanggupan pembiayaan yang bisa dilakukan. Prinsipnya, membeli rumah harus membuat hidup lebih sejahtera.

Jangan sampai karena membeli rumah membuat tidak tercapainya tujuan keuangan kamu yang lainnya di masa depan. Siapkan dana tunai walaupun kamu membelinya secara kredit.

Baca juga: Cara Tepat Kumpulkan DP Rumah Pertama

Persiapkan dana tunai untuk uang muka

Pada umumnya untuk pembayaran uang muka besarnya bervariasi hingga 30 persen dari harga rumah. Sejumlah dana tunai sebaiknya menjadi cadangan untuk mengantisipasi biaya-biaya pembelian rumah seperti uang tanda jadi atau booking fee, uang muka, akta jual beli, biaya balik nama sertifikat dan biaya jasa notaris, dan lain sebagainya.

Mencari sumber dana

Jika ingin membeli rumah secara tunai, kamu dapat menyiapkan dananya dengan menabung secara rutin atau berinvestasi. Akumulasi dana hasil menabung atau hasil keuntungan investasi bisa digunakan untuk membeli rumah.

Keuntungannya, kamu tidak perlu bergantung dengan pihak lain dan bebas dari kewajiban membayar cicilan bulanan. Hanya saja mungkin akan memerlukan waktu yang cukup lama sampai tercapai sejumlah dana yang kamu perlukan untuk membeli rumah.

Baca juga: Nekat, atau Tak Punya Rumah Sampai Tua

Jika ingin membeli rumah secara kredit, kamu bisa mengajukannya ke bank. Pada umumnya dana kredit yang bisa kamu dapatkan maksimal sebesar 70 persen dari harga rumah. Sisanya sebesar 30 persen sebagai uang muka rumah.

Periksalah kewajiban pada pihak lain

Bank memiliki analisis sendiri dan sumber informasi tepercaya untuk mengetahui gambaran kondisi keuanganmu. Karena itu sebelum mengajukan kredit ke bank, periksalah kembali kewajiban membayar utang kamu ke pihak lainnya, seperti cicilan kartu kredit, motor, mobil, dan sebagainya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me