Kesempurnaan Profesional Berjiwa Entrepreneur di Sosok Nanda Widya

Big Banner

Sosoknya terlihat begitu menikmati hidup, namun tak berarti mengabaikan profesionalitasnya. Senyum dan tawa juga tak lepas dari raut wajahnya. Siapa nyana pembawaan demikian tampil pada sosok pucuk pimpinan sebuah perusahaan besar sekelas Metropolitan Land Tbk.

Adalah Nanda Widya, Presiden Direktur perusahaan yang lebih dikenal dengan sebutan Metland. Menyapa rumah123.com di salah satu properti besutannya, Metsky Dine & Lounge yang berdiri di kawasan Bekasi, Nanda menebar senyuman hangat.

Di tengah kesibukannya, pria kelahiran 7 Oktober 1954 ini terlihat sangat nyaman dengan penampilannya yang simpel. Berbalut kemeja putih lengan panjang, eksekutif berkacamata ini bercerita tentang obsesi anyarnya.

“Metland seharusnya bisa jauh lebih berkembang dari saat ini, jika seluruh karyawannya bekerja secara profesional dan  memiliki jiwa entrepreneur,” ujar Nanda.

Menurut Nanda, akan lebih baik jika mampu menyeimbangkan momen saat harus in atau out of the box. “Jadi tidak ada yang namanya break the rules saat seorang profesional sesekali berpikir out of the box.”

Badai Pasti Berlalu

Pernah diterpa “tsunami” saat krisis ekonomi melanda Indonesia pada 1998, Metland juga berhasil bertahan ketika digempur “badai” di 2008. Kini, Metland kembali menghadapi ujian, namun dengan skala yang terus mengecil, yakni “gelombang besar”.

“Saat krisis 1998, kami baru ‘keluar dari rumah sakit’ pada 2002. Sementara pada krisis 2008, hanya mempengaruhi kami selama enam bulan,” kata Nanda. “Kami lebih optimis karena pada 2015 ini karena bentuknya ‘gelombang besar’, tapi ini kan memang belum selesai.”

Ancang-ancang yang diambilnya adalah dengan bersikap dan memutuskan segala sesuatu terkait proyeknya dengan lebih hat i-hati. Kehati-hatian penting, lantaran pengembang yang meraih Green Property Awards 2012 ini memang sering membuat gebrakan lewat proyek-proyek ekspansinya.

Metland, menurut Nanda, berusaha melihat pasar yang terlewatkan para pesaingnya. Meski terlebih dulu harus menanamkan investasi dan menunggu, Metland terbilang mahir membuka pasarnya sendiri.

Dari sinilah terlihat jiwa entrepreneur milik Nanda. Seseorang yang berani mendobrak norma, tapi tak melanggar aturan mainnya.

rumah123.com