Astaga! Ada Jutaan Tungau Mengintai Tidur Anda

Big Banner

 

Kamu tahu nggak jika di balik kasur ada jutaan tungau mengintai kenyamanan tidur? Ya, tungau alias kutu busuk memang gemar bersembunyi di tempat tidur, terutama kasur yang berdebu karena jarang dibersihkan.

Itu sebabnya, sejak kecil orangtua sering meminta kita membereskan kasur setelah bangun tidur. Selain itu, kita juga perlu menyedot debu dari kasur dengan vacuum cleaner atau sikat khusus.

Tungau merupakan hama mikroskoptis yang biasa berkembang biak di kasur, seprai, dan bantal. Karena itu, tempat tidur yang selalu bersih dan rapi, akan membuat ”monster kecil” itu minggat.

Baca juga: Ternyata, Ini Dia Bagian Paling Kotor di Toilet

Dari hasil penelitian, rata-rata ada sekitar 1,5 juta tungau debu yang tinggal di tempat tidur kamu. Meski mungil, tungau sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Jika kotorannya sampai terhirup atau menyentuh kulitmu, tungau bisa menyebabkan demam, bersin, batuk, mata berair serta merah, flu, sensasi gatal hingga persoalan pernapasan. Bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, tungau bisa menyebabkan bercak kemerahan.

Baca juga: Ingat, Bersihkan Secara Rutin 5 Bagian Rumah Ini

Selain membersihkannya tiap hari, kamu juga perlu menjemur kasur di bawah terik matahari. Hal ini bisa membuat sang monster dehidrasi dan hancur dengan sendirinya.

Satu hal lagi yang perlu kamu sadari, gantilah seprai secara berkala, minimal sekali dalam seminggu. Biarkan kasur terbuka beberapa saat sebelum menutupnya dengan yang seprai baru. (Ing)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me