Pemerintah Siapkan KPR Untuk Pekerja Informal

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah tengah menyiapkan regulasi dan mekanisme penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) kepada kalangan pekerja informal. Pekerja informal selama ini belum terakomodir dalam sistem perbankan padahal  jumlahnya sangat banyak. Diperkirakan jumlah mereka 60 persen, sedangkan pekerja formal seperti PNS dan karyawan swasta yang bekerja di berbagai perusahaan 40 persen.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Pemberian KPR untuk kalangan pekerja informal ini juga amanat Undang-Undang Perumahan dan ini menjadi perhatian pemerintah. Jadi, program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) juga nantinya akan bisa dinikmati oleh kalangan pekerja informal,” kata Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), Syarif Burhanuddin, kepada housing-estate.com di Jakarta, Selasa (16/2).

Rencana pemerintah untuk mengakomodir pekerja informal dalam sistem perbankan ini langsung ditangkap Bank BTN. Bank spesialis perumahan ini menyiapkan Rp250 miliar untuk KPR pekerja informal yang akan disalurkan melalui kantor cabang Bank BTN di Jakarta, Bekasi, dan Bogor.

“Pada tahap awal paling tidak akan kita siapkan KPR untuk 100 ribu pekerja informal. Kita juga akan membuat regulasi agar yang menyalurkan KPR informal ini bukan hanya Bank BTN tapi juga bisa diikuti oleh seluruh perbankan,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me