Permintaan Apartemen dan Hotel Bertumbuh

Big Banner

Jakarta – Coldwell Banker Commercial memperkirakan sektor apartemen akan tumbuh terbatas dengan permintaan kumulatif naik sebesar 2,5% pada 2016. Sedangkan, harga jual apartemen diperkirakan mengalami pertumbuhan berkisar 2-3% di setiap triwulan.

“Permintaan paling besar terdapat di kelas menengah dan menengah bawah,” papar Director Strategic Advisory Coldwell Banker Commercial, Tommy H Bastamy, di Jakarta, Rabu (17/2).

Sementara itu, Coldwell Banker juga memprediksi bahwa pasokan hotel baru akan akan meningkat terutama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), dengan penambahan mencapai lebih dari 10.000 kamar hingga akhir 2016. Sektor ini juga diperkirakan mengalami peningkatan permintaan kumulatif mencapai 5,0%.

Tommy mengatakan, mayoritas kebutuhan hotel adalah untuk aktivitas meeting, incentives, conferences, dan exhibition (MICE) terutama di kota-kota dengan karakteristik hotel bisnis.

Dia juga mengatakan bahwa kebijakan pemerintah untuk mencabut regulasi pelarangan rapat di hotel, diharapkan dapat mendongkrak kembali industri ini.

“Rata-rata tingkat hunian akan naik. Sejalan dengan itu, tarif sewa kamar juuga diperkirakan akan naik di 2016,” katanya.

Coldwell Banker Commercial memperkirakan, tahun 2016, pasar properti Indonesia memasuki tahap pemulihan (recovery). Setahun sebelumnya, industri tersebut mengalami situasi pelambatan permintaan.

“Market property bergerak positif itu saya perkirakan baru terjadi 2017. Sebenarnya 2016 sudah recovery, tapi belum signifikan,” kata Tommy Bastamy.

Investor Daily

Laila Ramdhini/EDO

Investor Daily

beritasatu.com