Pasar Properti Memasuki Tahap Pemulihan

Big Banner

Jakarta – Pasar properti Indonesia pada 2016 memasuki tahap pemulihan (recovery). Setahun sebelumnya, industri tersebut mengalami situasi pelambatan permintaan.

“Market property bergerak positif itu saya perkirakan baru terjadi 2017. Sebenarnya 2016 sudah recovery, tapi belum signifikan,” kata Director Strategic Advisory Coldwell Banker Commercial, Tommy H Bastamy, di Jakarta, Rabu (17/2).

Menurut dia, penambahan pasokan baru di sektor properti komersial akan meningkat. Namun, permintaan tetap sehingga tingkat keterisian akan menurun.

Dia mengatakan, pasar properti komersil seperti apartemen, hotel, perkantoran, dan ritel diperkirakan mengalami perbaikan pada 2017.

“Kalau saya lihat, bergerak ke arah yang positif, rebound baru terjadi di 2017 dengan beberapa indikator salah satunya pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini yang sudah bergerak, walau tidak signifikan,” katanya.

Tommy menjelaskan, dampak dari pertumbuhan ekonomi tidak akan dapat dirasakan secara langsung di sektor properti. Pasalnya, pertumbuhan properti membutuhkan sejumlah indikator seperti menunggu kedatangan investor dan implementasi dari kebijakan pemerintah.

Investor Daily

Laila Ramdhini/EDO

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me