Investasi Grandhika Hotel Medan Rp 80 Miliar

Big Banner

Medan – PT Adhi Karya (Persero) Tbk merambah bisnis perhotelan ke Sumatera Utara (Sumut) dengan membuka hotel GranDhika Hotel Medan.

“Di Medan, Sumut, investasi yang akan ditanam sekitar Rp80 miliar untuk membangun GranDhika Hotel Medan. Hotel bintang empat itu sedang dibangun di kawasan Jalan Dr Mansyur, Medan,” ujar eksekutif Adhi Karya yang menjadi General Manager Hotel GranDhika Medan, Natali Agung Nugroho di Medan, baru-baru ini.

Hotel kedua setelah di Jakarta itu, tambah dia, rencananya akan dioperasikan pada akhir April 2016.

Setelah Jakarta dan Medan, Adhi Karya akan membangun hotel lagi antara lain di Semarang, Surabaya, Bekasi, Yogyakarta, dan Palembang.

“Bisnis hotel dinilai menjanjikan untuk memperkuat pendapatan Adhi Karya, perusahan BUMN yang selama ini hanya bergerak di sektor konstruksi.Sesuai keinginan pemerintah, BUMN harus bisa menguntungkan,” ujarnya, seperti dilansir Antara.

Dia menegaskan, karena berada si kawasan bisnis, GranDhika akan berorientasi ke tamu bisnis. Bisnis hotel di Medan semakin menjanjikan karena menjadi kota transit bagi para wisatawan yang akan menuju daerah objek wisata di Sumut. “Bahkan, bagi mereka yang hendak ke luar negeri khususnya Malaysia, Singapura, dan Thailand yang jarak tempuhnya dari Medan lebih cepat dengan angkutan pesawat udara,” katanya.

Natali menjelaskan, investasi pembangunan hotel di Medan akan kembali dalam tujuh tahun. Hotel di Medan tersebut berdiri di atas lahan 10.000 meter persegi (m2) dengan total kamar 123 yang tersebar di sembilan lantai.

“Fasilitas tempat pertemuan yang dilengkapi dengan alat canggih diharapkan menjadi salah satu daya tarik tamu,” ujarnya.

Manajemen, ujar dia, menargetkan pada tahun pertama beroperasi, bisa mendapatkan tingkat hunian kamar sekitar 67% hingga tahun ketiga bisa 75-80% dan tahun ke-tujuh sudah break even point (BEP).

Kepala Penanaman Modal dan Promosi Sumut, Purnama Dewi, mengatakan, perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) terus berminat berinvestasi di sektor hotel dan restoran di Sumut.

“Hampir setiap tahun ada peningkatan maupun investasi baru PMA dan PMDN di sektor hotel dan restoran,” ujarnya.

Edo Rusyanto/EDO

ANTARA

beritasatu.com