Pilih Beli Rumah Baru atau Seken?

Big Banner

Mau beli rumah?

Baru atau seken?

Ga usah bingung. Masing-masing ada keuntungan dan kerugiannya kok! Tapi tidak ada salahnya untuk cari tahu sebenarnya seperti apa sih kekurangan an kelebihan rumah baru dan seken.

Rumah Baru

Pengembang dari berbagai kelas, terus bersaing ketat menggaet para peminat hunian dengan menawarkan proyek-proyeknya yang diklaim penuh dengan inovasi terkini. Dampaknya, pilihan pun kian beragam.

Beberapa pengembang bahkan menawarkan beberapa desain rumah yang menyesuaikan dengan karakter dan kebutuhan konsumen. Pernah dengar ungkapan “Rumah adalah Cerminan Penghuninya?” Sepertinya, ungkapan itu memang menjadi senjata ampuh untuk menjual hunian saat ini.

Baca juga: Strategi Memburu Rumah Idaman di Pameran Properti

Selain itu, bangunan yang jelas baru pun menjadi andalan para pengembang. Secara tak langsung, kamu sebagai penghuni mungkin jadi merasa lebih bangga kala menempati bangunan baru.

Keuntungan yang paling menonjol saat ini, rumah baru seperti mendapat perlakuan khusus dari bank penyalur kredit pemilikan rumah (KPR). Sebagian besar bank bahkan berani menawarkan bungan KPR hingga di bawah kisaran 10 persen.

Rumah Seken

Rumah bekas atau sering disebut rumah seken, juga masih banyak  peminatnya. Pasalnya, sebagian besar rumah seken sudah memiliki lingkungan yang “sempurna”.

Sebut saja lantaran rumah seken sudah lebih dulu dikelilingi pusat perbelanjaan yang sudah “hidup”. Tak hanya pusat perbelanjaan, tempat-tempat hiburan dan kuliner juga sudah ada.

Soal harga, rumah seken juga membuka kemungkinan adanya tawar menawar harga. Terlebih jika sang pemilik tengah dalam kondisi sangat membutuhkan uang. Pun pajak bumi dan bangunan (PBB) dipastikan lebih murah ketimbang rumah baru dengan ukuran sama.

Baca juga: Strategi Jitu Kredit Rumah agar Tak Ribet

Bank yang melayani KPR rumah seken juga masih ada. Sayangnya, pihak bank lebih sering memberlakukan batasan uang muka atau DP dikisaran 30-40 persen. Belum lagi bunga kredit yang kerap sudah mengikuti pasaran.

Poin yang harus diperhatikan adalah kondisi dan usia bangunan, serta beberapa hal penting lainnya yang tak boleh dianggap remeh. Kamu harus periksa status  kepemilikan dan dokumen kelengkapan rumah.

Nah, sekarang kamu bisa putuskan mau beli rumah yang mana.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me