Rusun Rawa Bebek Hadirkan Blok untuk Warga Relokasi

Big Banner

Selain menghadirkan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang diperuntukkan bagi buruh dan pekerja berstatus bujangan, Rusunawa Rawa Bebek juga akan menyediakan blok rusun bagi warga relokasi. 

Jadi total bangunan yang mengisi area rusun seluas 176.448 m2 ini terdiri dari 14 blok dan dua tower. Enam blok diperuntukkan bagi buruh dan pekerja bujangan, delapan blok dan dua tower diperuntukkan bagi warga relokasi.

“Empat blok bagi warga relokasi akan dibangun pihak Summarecon, sebagai tanggung jawab pengembang memenuhi  aturan pembangunan hunian berimbang.  Empat blok akan dibangun Pemprov DKI Jakarta,” jelas Ani Suryani, Kepala Unit Pengelola Rusun Wilayah III Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta.

BACA JUGA : TINGGAL DI RUSUNAWA INI HANYA RP 230 RIBU PER BULAN

Lebih lanjut Ani mengatakan, untuk empat blok yang dibangun, Summarecon bakal menghadirkan 400 unit hunian, sementara empat blok yang dibangun Pemprov DKI totalnya terdiri dari 200 unit.

“Untuk tower masing-masing akan dibangun oleh APBD dan PT Taman Harapan Indah. Jumlah unit yang tersedia, satu tower terdiri dari 270 unit. Jadi bila ditotal, jumlah unit yang tersedia di Rusunawa Rawa Bebek semuanya sebanyak 2060 unit,” kata Ani.

Meski dalam satu kawasan, menurut Ani untuk harga sewa antara yang diperuntukkan bagi buruh dan pekerja bujangan pastinya bakal berbeda dengan warga relokasi. Bila blok yang diperuntukkan bagi buruh bujangan dipatok seharga 460 ribu per bulan, maka untuk warga relokasi dipastikan lebih murah.

“Harga sewa untuk warga relokasi pasti lebih murah. Sebab Pak Gubernur biasanya pasti minta harga dibuat murah, misal setelah disubsidi 40 persen terhitung penyewa seharusnya membayar Rp 400 ribu, Pak Gubernur pasti minta diturunkan lagi,” kata Ani.

Saat ini, enam blok yang yang diperuntukkan bagi buruh bujangan telah siap huni, delapan blok yang dibangun Summarecon dan Pemprov Dki diperkirakan Ani bakal selesai pada September tahun ini.

“Untuk towernya dalam waktu dekat akan segera ground breaking. Mungkin 2018 sudah selesai,” kata Ani.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me