Raksasa Digital Australia Caplok iProperty Group Rp 5,5 Triliun

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com — Real Estate Australia (REA) Group Ltd, sebuah perusahaan media digital multinasional yang berkantor pusat di Australia resmi mengakuisisi iProperty Group, pemilik sekaligus salah operator portal properti di Asia.

Aksi ambil alih ini menjadikan REA Group sebagai salah satu pemimpin pasar industri properti online atau dalam jaringan (daring) di wilayah Asia Pasifik.

Akuisisi penuh REA Group ini merupakan kali ketiga dalam kurun waktu dua tahun yang dimulai sejak 2014. Sebelumnya, pada 2014 REA Group telah mencaplok 17,22 persen saham iProperty Group.

Kemudian pada Juli 2015, REA Group menambah kepemilikan sahamnya menjadi 22,7 persen. Hingga akhirnya pada November 2015 REA Group kembali membeli sisa saham iProperty Group dengan harga 4 dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 52.000 per lembar dengan nilai total sisa saham yang dibeli senilai 578 juta dollar Australia atau lebih dari Rp 5,5 triliun.

Keseluruhan nilai saham iProperty Group diperkirakan berada di kisaran 750,8 juta dollar Australia atau ekuivalen Rp 7,2 triliun.

Akuisisi REA Group pada iProperty Group merupakan salah satu langkah bagi REA Group untuk mengembangkan usahanya di wilayah Asia Tenggara.

“Ekspansi internasional jadi bagian besar dari strategi pertumbuhan REA Group. Populasi penduduk Asia Tenggara yang mencapai 500 juta jiwa merupakan pasar properti yang memiliki pertumbuhan paling cepat di dunia dengan kaum menengah yang juga tumbuh cepat dan memiliki ketertarikan yang besar terhadap dunia properti,” jelas Chief Operating Officer International dan Developer REA Group Limited, Arthur Charlaftis, Kamis (18/2/2016).

Iproperty Group kini memimpin pasar properti Asia setelah beroperasi di Hong Kong, Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Iproperty Group juga memandang akuisisi ini sebagai salah satu cara terbaik dalam memberikan konsumen segala apa yang dibutuhkannya.

“Ini adalah akselerator utama karena secara signifikan akan meningkatkan profil pertumbuhan, baik REA Group dan iProperty Group. Di sisi lain, akuisisi ini juga memberikan konsumen kami, pembeli properti dan investor, kesempatan untuk memasuki pasar yang lebih luas,” kata Direktur iProperty Group, George Chmiel.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me