Jamkrindo Berkomitmen Jamin KPR-FLPP

Big Banner

Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) berkomitmen menjamin kredit di sektor KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Hal ini dibuktikan dengan telah ditekennya sejumlah perjanjian kerja sama penjamin kredit perumahan dengan total 12 mitra perbankan dan non-perbankan, di antaranya Bank BTN, Bank DKI, dan  PT Sarana Multigriya Financial.

Seperti diketahui, komitmen ini akan terus ditingkatkan mengingat DPR RI pada akhir tahun lalu mengetok palu UU Tabungan Perumahan Rakyat (TAPERA).  Ia mengatakan, sejauh ini Porsi penjaminan KPR bagi Jamkrindo cukup besar.

Dari KPR-FLPP saja, Jamkrindo sudah menjamin kredit sebesar Rp6,9 triliun hingga bulan Oktober 2015. Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo, Bakti Prasetyo, pada akhir tahun lalu memproyeksikan volume penjaminan kredit perumahan mencapai sekitar Rp8,4 triliun sampai Rp 9 triliun.

Kontribusi penjaminan KPR masih didominasi dari Bank BTN yang mencapai 80%. Sisanya dibagi kepada sejumlah bank lain.

Baca juga: BTN Siap Kelola Dana Tapera

Meski punya kontribusi yang tidak sedikit, namun ia mengakui bisnis ini juga punya tantangan. Di antaranya soal laju penyaluran KPR oleh bank sendiri. Sejauh ini, bisnis Jamkrindo masih  follow the bank. “Kalau di bank nyalurin banyak ya kami juga dapat banyak,” ujar Bakti.

Ditambah lagi di kota-kota besar ketersediaan lahan bukan perkara mudah. Lahan yang makin sempit dan harga yang mahal bisa menghambat permintaan perumahan. Sementara di daerah, laju program FLPP pun disebutnya tidak terlalu mulus karena tidak banyak yang memanfaatkan.

Bank Tabungan Negara (BTN) sendiri di tahun 2016  menargetkan bisa menyalurkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) kepada 600 ribu rumah. Jumlah itu meningkat dari realisasi penyaluran KPR FLPP di 2015 lalu yang sebanyak 438 ribu.

Direktur BTN Mansyur Nasution mengatakan, peningkatan jumlah penerima tersebut dikarenakan di 2016 ini BTN menerima dana FLPP sebesar Rp12 triliun dari pemerintah. Konsentrasi penyaluran FLPP pada 2015 lalu masih di Jawa.

Tahun ini diharapkan porsi penyaluran dana FLPP di daerah bisa meningkat. Pada 2015 sebanyak 55% disalurkan di Pulau Jawa, khususnya Jabodetabek.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me