Dukungan Kementerian Keuangan Terhadap RUU Tapera

Big Banner

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan dukungannya terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Hal ini diungkapkan Direktur Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Kemenkeu, Djoko Hendratto, pada temu wartawan di Hotel Santika, Jakarta, Kamis (11/2).

RUU Tapera merupakan insiatif DPR dan dibantu oleh beberapa kementerian, salah satunya adalah Kemenkeu yang turut masuk dalam komite Tapera yang berada dalam struktur Badan Pengelola (BP) Tapera. Selain Kemenkeu, adapula Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kemenaker).

Baca juga: Para Pengusaha Ancam Boikot UU Tapera

Djoko mengatakan, Kemenkeu akan mengawal pasal-pasal yang ada dalam RUU Tapera, sehingga dapat membawa kebaikan bagi semua pihak. Menurutnya, RUU Tapera pantas didukung.

Berdasarkan hasil rapat dengan DPR RI, konsep RUU Tapera dinilai baik dan mendukung terwujudnya hunian yang layak bagi rakyat. Djoko mengungkapkan, menurut pihaknya, RUU Tapera di dalamnya tidak berisiko fiskal.

Perihal mengenai adanya protes dari pihak pengusaha, dalam kesempatan yang sama, Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Maurin Sitorus, mengungkapkan bahwa besaran iuran dalam RUU Tapera belum ajeg. Masih ada kesempatan untuk berdiskusi mengenai iuran yang akan diatur dalam Peraturan Pemeran (PP).

Hanya saja, ia mengatakan, pemberi kerja wajib ikut berpartisipasi. Keberatan perihal besaran iuran masih bisa didiskusikan kembali. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me