Merawat Barang Antik agar Tetap Cantik

Big Banner

Memiliki barang antik, bahkan mengoleksinya, mungkin merupakan kesukaan kamu. Meski kuno, barang-barang tersebut mungkin memiliki cerita dan nilai sejarah.

Mungkin kamu sebagaimana halnya beberapa orang, sengaja memilih barang-barang jadul sebagai hiasan ruangan agar terkesan semakin elegan. Agar tampilannya tetap terjaga dan tahan lama pastinya memerlukan perawatan khusus.

Nah, bagi kamu yang mengoleksi barang-barang antik di rumah, berikut ini adalah beberapa cara merawatnya.

Bersihkan Debunya

Usahakan wadah penyimpan yang kamu pilih tidak mudah membuat barang antik kamu berdebu. Semisal dengan menggunakan lemari kaca.

Walapun menyimpannya di dalam lemari bukan berarti bebas debu. Jadi, tetap saja secara berkala butuh untuk dilap dan dibersihkan dari debu yang menempel. Jika tidak, debu akan makin tebal dan mengurangi nilai keindahannya.

Gunakan Pasta Lilin

Untuk barang antik yang berbahan kayu, dibutuhkan pasta lilin berkualitas untuk perawatannya. Gunakan pula cairan antirayap pada kayu agar tidak mudah lapuk. Untuk membersihkannya cukup menggosoknya dengan kain halus paling tidak tiga bulan sekali.

Mencucinya

Mencuci barang antik juga bisa dilakukan agar tampilannya tetap bening. Tapi, untuk yang satu ini tentunya yang terbuat dari porselan ya.

Gunakan air hangat-hangat kuku untuk menyiram porselen, kemudian cuci porselen dengan spons lembut dan sabun yang tidak mengandung pemutih. Lalu, keringkan seluruh permukaan sampai benar-benar kering dengan menggunakan kain lembut. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me