BTN Siap Kelola Dana Tapera

Big Banner

PT Bank Tabungan Negara (BTN) menyatakan siap mengelola dana Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang potensinya mencapai puluhan triliun per bulan. Rencananya, DPR RI pada Februari 2016 ini mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tapera menjadi UU Tapera seperti dikutip dari beritasatu.com

Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Maurin Sitorus mengatakan, untuk alokasi dana Tapera tidak dikhususkan hanya satu bank saja. Namun, perbankan yang siap dengan pembiayaan rumah selama ini tentu akan mendapat alokasi dana Tapera lebih banyak lagi.

’’Kami siap berapa pun alokasi dana Tapera yang diberikan untuk BTN, pastinya ini akan membuat kami lebih bersemangat dalam menyediakan pembiayaan rumah murah bagi rakyat,’’ ujar Direktur BTN Oni Febrianto saat seminar Membedah Taper: Antara Peluang Sektor Perumahan Memperoleh Dana Rumah VS Peran Manager Investasi di Jakarta, Selasa (2/2).

Baca juga: RUU Tapera, Solusi Efektif Atasi Backlog

Oni menjelaskan, jika alokasi dana murah diperbanyak maka suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi akan lebih turun lagi. Apabila saat ini bunga KPR bersubsidi sebesar 5%, adanya suntikan dana Tapera bunganya bisa turun lagi sekitar 4% sampai 3%.

’’Masa dengan subsidi dari pemerintah saja BTN bisa bunganya 5%, kalau ada Tapera pastinya lebih murah lagi,’’ ujar Oni.

Menurut Maurin, jika UU Tapera sudah disahkan, Tapera merupakan suatu kewajiban yang harus dijalankan pekerja baik formal ataupun informal. Dengan total jumlah pekerja sekitar 114 juta, potensi dana Tapera yang bisa terkumpul sangat besar sekali.

Untuk iuran Tapera dalam RUU disebutkan sekitar 3%, dengan rincian 2,5% berasal dari pekerja dan 0,5% dari pemberi kerja, namun hal ini masih akan diatur lebih lanjut dalam peraturan pemerintah. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me