Ini 30 Daftar Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional

Big Banner

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 75/2014, sebagai bukti keseriusan Pemerintah dalam memastikan realisasi dari proyek infrastruktur prioritas yang memiliki nilai ekonomi tinggi, KPPIP (Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas) pun dibentuk. Harapannya, ini akan mampu mendorong percepatan dan pencapaian penyediaan pembangunan infrastruktur.

Dari situ, KPPIP lalu memperoleh mandat untuk melakukan koordinasi untuk mencapai percepatan proyek strategis nasional, termasuk pembangunan kawasan ekonomi khusus untuk mengembangkan industri lokal dan percepatan pengembangan infrastruktur energi di daerah pedesaan.

“Dengan ini, kami berharap perekonomian bisa berkembang secara merata di seluruh penjuru kepulauan Indonesia, tidak hanya di pulau-pulau utama saja,” kata Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua KPPIP, kepada tim Rumahku.com.

BACA JUGA : 3 TANTANGAN INFRASTRUKTUR YANG DIHADAPI INDONESIA

Rencana pemerintah untuk melakukan pembangunan infrastruktur pun dinilai Darmin masih memiliki beberapa hambatan. Mulai dari regulasi yang tidak sederhana, skema penyiapan proyek yang makin rumit, kurangnya koordinasi kewenangan dan pengambilan keputusan, hingga kapasitas dari pihak-pihak para penyedia infrastuktur yang masih kurang memadai.

“Jadi, badan ini dibuat untuk mewadahi hal tersebut. Sebelumnya memang sudah ada, hanya saja fungsinya lebih dipertegas lagi,” tegasnya.

Berikut ini daftar 30 proyek prioritas dari KPPIP.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me