Agar Rumah Bebas Kuman Saat Musim Penghujan

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Di musim hujan, sudut-sudut rumah menjadi lokasi favorit kuman untuk berkembang biak. Hindari Si Penyebar Penyakit ini dengan tujuh kiat praktis membersihkan  kuman dari sudut rumah dan perabot rumah. Upayakan agar rumah bebas kuman saat musim hujan.

1 Ponsel dan Remote Televisi

Piranti komunikasi seperti telepon seluler (ponsel) ternyata lebih kotor daripada dudukan toilet atau sol sepatu! Kuman menyukai panas yang muncul dari ponsel dan akan berkembang biak lebih cepat saat bertemu uap napas pada waktu kita berbicara.

Atasi masalah ini dengan membersihkan ponsel menggunakan tisu antibakteri yang mengandung alkohol dan benzethonium chloride. Lakukan hal yang sama untuk remote control televisi juga, ya!

2 Keyboard Komputer

Keyboard komputer harus dibersihkan secara rutin. Caranya, matikan komputer dan lepaskan keyboard dari komputer. Lalu, berdirikan keyboard di atas meja dan pelan-pelan tepuk-tepuk bagian belakang keyboard untuk membuang debu atau kotoran kecil lain yang menempel di tombol-tombolnya. Selanjutnya, gunakan hair dryer untuk membersihkan sisa kotoran dan seka dengan tisu antibakteri.

3 Mainan Anak 

Mainan anak berbahan plastik sebaiknya dibersihkan setiap minggu. Caranya, ambil ember besar atau gunakan wastafel dapur (sink), dan isi air serta campurkan sedikit cuka putih yang berfungsi sebagai antiseptik. Setelah itu, rendam dan gosok mainan selama sekitar 15 menit bilas dengan air bersih. keringkan dengan handuk kering.

Bath toys atau mainan teman mandi pun mendapatkan perlakuan serupa. Atau, setelah digunakan anak, bilas mainan-mainan tersebut dan pastikan tidak ada lagi air yang tersisa.

4 Permukaan Lantai 

Lantai rumah, baik keramik atau kayu, merupakan “pusat lalu lintas” manusia dan menjadi tempat berkembang biak kuman penyebab infeksi. Enyahkan kuman-kuman tersebut dengan membersihkan lantai secara rutin menggunakan bahan pembersih antibakteri.

5 Tempat Minum 

Kuman berkembang biak dengan cepat di perlengkapan makan dan minum anak. Khususnya, di area di mana terjadi kontak dengan mulut anak. Maka, cangkir atau mug plastik dengan sedotan sebaiknya dibersihkan.

Caranya, lepaskan masing-masing bagian (penutup, badan mug, dan sedotan) dan cuci bersih dengan sabun antibakteri. Cuci dengan air panas di sink segera setelah digunakan, lalu bilas dengan air hangat. Jangan lupa, pastikan anak tidak berbagi cangkir atau mug dengan teman-temannya. 

6 Pengatur Suhu Ruangan

Pengatur suhu ruangan (Air Conditioner/AC) pun perlu mendapat perhatian khusus di musim pencaroba yang lembap. Terutama, kotoran di indoor unit dan outdoor unit AC. Anda bisa mencoba membersihkan bagian-bagian AC tersebut atau panggil tukang AC untuk membantu membersihkannya.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me