Menkeu Akui Punya Pengalaman Pahit dengan Pengembang

Big Banner

WE Online, Jakarta – Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mendorong agar  perbankan selektif di dalam memilih bekerjasama dengan pengembang properti  (developer). Pasalnya, ada beberapa pengembang yang sering ingkar janji soal ketepatan waktu pembangunan apartemen atau pembangunan perumahan.

“Saya ada pengalaman dengan kredit pemilikan apartemen (KPA). KPA  dua kali, dua-duanya jadi. Yang satu tepat waktu tetapi  yang satu lagi terlambat dua tahun.Ini ujung-ujungnya  memang pada kualitas developer,” kata Bambang saat menghadiri  Property & Mortgage Summit 2016 di Jakarta, Kamis, (18/2/2016).

Ia menilai mayoritas konsumen tidak mengetahui rekam jejak pengembang secara lengkap. Karenanya, perbankan yang berkerja sama dengan pengembang perlu memberikan informasi secara utuh perihal bagaimana performa pembangunan dari pengembang tersebut kepada masyarakat.

“Kadang kita enggak punya informasi yang lengkap soal developernya. Karena yang punya informasi itu pihak perbankannya. Maka bank juga harus memberikan informasi-informasi itu agar perbankan juga bisa terhindar dari kekecewaan konsumen, terlebih jika perbankan besar yang tersangkut oleh developer nakal,” ujarnya.

Selain itu, selektifitas perbankan diperlukan pula agar bank-bank besar tak tersangkut masalah dengan kekecewaan konsumen. Sementara itu, untuk bank-bank kecil juga perlu waspada dan jangan menjalin kerja sama begitu saja tanpa ada kajian secara mendalam agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ini akan menimbulkan banyak kekecewaan. Sangat perlu bank-bank itu lebih selektif dalam memberikan pembiayaan pada developer, karena banyak developer yang nakal, terlebih kalau bank-bank yang masuk untuk financing ini bank-bank kecil yang kurang terkenal itu juga patut dicurigai. Jadi harus mengetahui reputasinya seperti apa, track record-nya bagaimana,” pungkasnya.

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Sufri Yuliardi

Tag: Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, properti

wartaekonomi.co.id

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me