Pemerintah Akan Kembangkan 10 Kawasan Wisata Unggulan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk mendorong  industri pariwisata pemerintah berencana mengembangkan kawasan wisata unggulan dalam proyek 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).  Ke-10 KSPN itu diharapkan menjadi seperti Bali (New Bali) yang dapat menarik minat pelancong manca negara. Pengembangan kawasan wisata baru itu bagian dari upaya mengejar target kunjungan wisatawan asing sebanyak 20 juta pada 2019.

Tanjung Lesung Banten

Tanjung Lesung, Banten

“Yang akan segera dilakukan adalah pengembangan Tanjung Lesung di Banten, Danau Toba, Sumatera Utara, dan Mandalika di Lombok. Tiga kawasan wisata ini bagian dari 10 KSPN yang akan kita jadikan 10 New Bali,” ujar Hermanto Dardak, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), di Jakarta, Kamis (18/2).

Untuk mewujudkan 10 New Bali, terang Hermanto, pemerintah menempuh sejumlah langkah, yaitu mengintegrasikan perencanaan pembangunan dengan pemerintah daerah, membangun kapasitas sumber daya pariwisata salah satunya dengan pengembangan usaha kecil menengah (UKM) dan pembangunan infrastruktur dan kelembagaan di masing-masing kawasan pariwisata.

Selain itu pemerintah juga akan mengembangkan infrastruktur pariwisata, penyusunan studi kelayakan, detail engineering design (DED), hingga pembebasan lahan. Sinergi BUMN-BUMD dan kerjasama dengan swasta juga diperlukan untuk mendukung pembiayaannya. Hal lain yang perlu dilakukan adalah kesepakatan pemangku kepentingan di tingkat pusat, provinsi, kota, swasta, dan masyarakat. “ Ini juga banyak melibatkan instansi terkait seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata, Bappenas, dan lainnya. Untuk pembiayaannya pihak World Bank sudah siap (mendukung),” imbuhnya.

housing-estate.com