Pengembang Tagih Penghapusan AMDAL di Jakarta

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Masalah izin analisis dampak lingkungan (AMDAL) di DKI Jakarta menjadi sorotan pengembang anggota Realestat Indonesia (REI). Para pengembang mempertanyakan tindak lanjut Peraturan Pemerintah (PP) No. 27 Tahun 2012 tentang izin lingkungan. Sesuai PP tersebut pengembang yang membangun di daerah yang sudah punya Perda Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) tidak perlu mengajukan izin AMDAL. DKI Jakarta termasuk salah satu yang sudah memiliki Perda RDTR, bahkan peraturan mengenai zonai. Kendati demikian PP tersebut tidak berlaku otomatis. Harus ada Peraturan menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang menjabarkan soal ini.

Ketua REI DKI, Amran Nukman

Ketua REI DKI, Amran Nukman

“Kami berharap KLHK segera menerbitkan Permen untuk penghapusan izin AMDAL di DKI. Selama Permen ini belum ada penghapusan izin AMDAL yang diamanatkan PP hanya retorika karena tidak bisa diaplikasikan. Ini membuat instruksi Presiden Joko Widodo untuk mempercepat perizinan di semua level juga tidak berjalan,” ujar Amran Nukman, Ketua REI DKI Jakarta, kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (18/2).

Dampaknya, ujar Amran, proses pengurusan izin salah satunya izin mendirikan bangunan (IMB) cukup lama. REI mendesak pemerintah segera menindaklanjuti soal ini karena Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga menginginkan hal yang sama. Basuki menginginkan perizinan di Jakarta bisa lebih cepat seperti di Singapura.

Lamanya perizinan ini menjadi salah satu hambatan dalam mendorong investasi di sektor properti. Menurut Nukman, para pengusaha sudah menunggu lama dan seharusnya dapat segera bisa diaplikasikan karena PP-nya sudah  keluar hampir empat tahun.  Nukman menyebutkan Pemprov DKI  sebetulnya sudah punya Upaya Pemantauan Lingkungan dan Upaya Pengelolaan Lingkungan (UPL/UKL) untuk menggantikan AMDAl.  Pengurusan UPL/UKL lebih singkat sekitar satu bulan, sementara pengurusan AMDAL menghabiskan waktu 7-8 bulan. Yudis

 

 

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me