Bebas Nyamuk di Musim Hujan

Big Banner

Saat musim hujan tiba, kehadiran nyamuk kerap jadi ancaman. Walau begitu, bebas nyamuk selama musim hujan bukan hal tak mungkin.

Salah satu cara menghindari serangan nyamuk adalah tidak menggantung pakaian. Nyamuk juga suka bersarang di lingkungan yang lembab, dingin, dan gelap. Jadi, sebisa mungkin, hindarilah tiga faktor itu di rumah.

Baca juga: Tips Memilih Letak Hadap Apartemen

Upayakan agar rumah memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Bisa melalui jendela, maupun dari atas rumah.

Selain itu, jaga kebersihan rumah dan lingkungan. Tanam pula beberapa jenis tanaman yang memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk, seperti lavender.

Salah satu nyamuk paling mengancam adalah Aedes aegypti. Nyamuk ini umumnya berkembang biak di daerah permukiman penduduk. Nyamuk jenis tersebut mengisap darah manusia di waktu pagi dan sore hari.

Sifatnya yang menyukai air bersih membuatnya berkembang biak di tempat penampungan air bersih, seperti bak mandi, tempayan, tempat minum burung dan barang-barang bekas yang dibuang sembarangan dan pada waktu hujan terisi air.

Baca juga: Tips Hidroponik di Rumah

Karena itu lakukanlah beberapa langkah pencegahan seperti menguras bak mandi secara berkala, menutup tempat penampungan air, menutup tempat pembuangan sampah, dan mengubur barang bekas. (Ing)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me