Trik Cat Ulang Dinding Berlumut

Big Banner

Selain tak enak dipandang, dinding berlumut juga membuatnya jadi lembap. Kelembapan dinding selain mengganggu suasana ruangan, juga merapuhkan kekuatannya.

Nah, kamu bisa mengecat ulang dinding berlumut sebagai salah satu cara mengatasinya. Langkah pertama adalah mengikis permukaan dinding yang ditumbuhi lumut atau jamur tersebuut.

Baca juga: Bebaskan Dinding Rumah dari Jamur dan Lumut

Setelah pengikisan, campurkan larutan antijamur dengan larutan kaporit sebanyak 10 persen. Setelah itu, lapisi area dinding yang berlumat dengan larutan tersebut.

Guna mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal, aturlah kelembapan dinding pada angka 14-18 persen. Kelembapan dinding bisa kamu ukur dengan alat bernama protimeter. Kadar alkali dinding dengan tingkat keasaman kurang lebih 8.

Pada bagian dinding yang tidak ditumbuhi lumut, kamu bisa mengecatnya seperti biasa. Namun, apabila ada lapisan dinding yang mulai terkelupas, maka lebih baik jika kamu mengikisnya terlebih dahulu.

Baca dulu: Cat Tembok Anti-nyamuk Bantu Atasi Demam Berdarah

Setelah dikikis barulah kamu lapisi dinding tersebut dengan lapisan cat yang baru. Hal ini akan membuat cat baru lebih tahan lama.

Dengan menerapkan kiat-kiat di atas, lumut bahkan jamur tidak akan menempel lagi dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, kamu juga harus selalu menjaga kebersihan dan menjaga suhu ruangan agar tidak terlalu lembap, agar cat barumu awet. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me