Memuluskan Retak Rambut Dinding Rumah

Big Banner

Dinding rumah kamu mulai mengalami retak rambut? Pasti akan terasa mengkhawatirkan, bukan?

Retak rambut pada dinding memang sangat halus, ukurannya hanya sekitar satu milimeter. Meski begitu, jangan kamu abaikan, karena biasanya berpotensi menjadi retakan yang lebih besar.

Kamu perlu memastikan apakah retak tersebut ada di bagian struktural atau nonstruktural. Untuk mengetahuinya, kamu harus membobok bagian yang retak.

Jika retakan hanya sampai plester, pastikan itu hanya retak non-struktural atau tidak berpengaruh pada struktur. Dengan demikian, penanganannya tidak memerlukan tukang, kamu pun mampu untuk memperbaikinya sendiri.

Baca juga: Cat Tembok Anti-nyamuk Bantu Atasi Demam Berdarah

Banyak faktor yang dapat menyebabkan retak rambut non-struktural. Salah satunya adalah ketika proses plester, komposisi (campuran) adukan semen, pasir, dan air enggak pas takarannya.

Selain itu, pasir dengan kadar organik tinggi, pasangan bata belum kering atau terlalu kering, dan cuaca panas terik, juga dapat memengaruhi faktor keretakan.

Lalu, bagaimana cara memperbaikinya? Kamu hanya perlu menambal bagian yang retak dengan menggunakan mortar acian, yaitu campuran antara semen dan air. Sebelumnya, buka lapisan dalam yang retak dengan lebar permukaan atau jarak dari kiri ke kanan sekitar 5 cm.

Baca juga: Trik Cat Ulang Dinding Berlumut

Setelah itu, itu siram permukaan dinding dan diamkan beberapa menit. Kemudian, mulailah menambal yang retak dengan mortar acian dengan ketebalan sesuai dinding sebelah kiri dan kanan yang retak.

Tunggulah selama 14 hari agar mengering sempurna. Setelah itu lakukanlah pengecatan dengan warna yang sama dengan cat sebelumnya. Selamat mencoba. (Ing)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me