Kalau Listrik Rumah Mendadak Padam

Big Banner

Padamnya aliran listrik atau sering kita sebut mati lampu, memang menyebalkan. Kadang ada pemadaman berkala, tapi kadang juga cuma panel listriknya saja sih yang turun, akibat melebihi daya kapasitas listriknya.

Yang paling gak kita terima tuh kalau mati lampu saat kita lagi urgent butuh energi listrik. Sebut saja ketika kita sedang tenggat mengerjakan sesuatu atau sedang ada acara penting di rumah.

akan tetapi, jangan panik. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan ketika listrik tiba-tiba padam. Pertama, periksalah listrik tetangga sebelah. Bila tetangga sebelah tidak padam,  mungkin beban listrik yang kita gunakan melebihi daya kapasitas listrik rumah.

Baca juga: Tarif Listrik Turun Mulai Februari 2016

Untuk mengetahui penyebab pemadaman atau melaporkan pemadaman, hubungi segera kantor PLN terdekat atau Contact Center PLN di nomor 123 (0721-123).

Matikan segera barang-barang elektronik yang sebelumnya menyala. Cara efektif lainnya cabut colokan dari socket (power outlet).

Ketika listrik kembali menyala, tegangan permulaan dapat “mengagetkan” barang-barang elektronik, hal ini akan membuatnya menjadi cepat rusak.  Cukup biarkan satu saklar lampu tetap dalam posisi menyala, agar kamu segera tahu ketika listrik benar-benar sudah hidup.

Baca juga: Alat Ini Tak Hanya Pengendali Listrik Rumah

Jika lampu tak kunjung menyala, segera nyalakan emergency light atau lampu darurat agar bisa menjadi sumber cahaya. Maka dari itu, kamu harus selalu mempersiapkan emergency light di rumah. Isi penuh baterai emergency light-mu ketika listrik menyala, agar siap guna ketika listrik di rumahmu mendadak padam.  (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me