BI Rate Rendah, Bunga KPR Siap Turun 3 Bulan Lagi

Big Banner

Beberapa hari lalu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mewacanakan akan menurunkan bunga KPR. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat dan mempermudah masyarakat memiliki hunian layak secara merata.

Selaras dengan itu, Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, belum lama ini mengatakan akan menurunkan suku bunga acuan sebanyak 25 poin. Jadi BI rate yang sebelumnya 7,25 persen akan diturunkan jadi 7 persen saja.

Kabar baiknya, penurunan tersebut akan mulai berjalan sekitar 3 bulan lagi. Alasannya karena laju inflasi yang terkendali dan berkurangnya tekanan ekonomi dari pasar keuangan global.

“Situasinya saat ini sudah memungkinkan untuk menurunkan suku bungan acuan. Penurunan di pasar akan efektif sekitar tiga bulan dari sekarang. Jadi nanti suku bunga perbankan bisa turun. Termasuk suku bunga KPR,” terangnya seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

BACA JUGA : DAFTAR RUMAH MURAH PERUMNAS (AREA JAWA)

Lewat penurunan suku bunga ini diharapkan memberikan sentimen positif dan dorongan terhadap perekonomian nasional. Di mana kondisinya saat ini masih lesu karena krisis perekonomian global.

Di sisi lain, sejumlah pengembang menyambut baik penurunan suku bunga itu. Asosiasi Pengembang Realestat Indonesia (REI) menilai hal tersebut akan meningkatkan daya beli pada produk properti. Dengan kata lain yang diuntungkan bukan saja masyarakat yang membeli properti, tapi juga perusahaan pengembang perumahan.

“Jika daya beli masyarakat meningkat, gairah pengembang melakukan pembangunan juga ikut meningkat. Akhirnya, kami bisa menghasilkan produk yang makin berkualitas,” kata Eddy Hussy, Ketua Umum DPP REI.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me