Ayo, Ciptakan Hunian Ramah Lingkungan

Big Banner

Pernah dengar rumah ramah lingkungan? Rumah yang ramah lingkungan ikut mendukung keberlanjutan kehidupan di Bumi, tapi yang terpenting dapat menyehatkan hidup para penghuninya.

Kalau kamu ingin rumah yang ramah lingkungan. Berikut ini adalah kiat-kiatnya. Simak ya.

Baca juga: Menata Interior Rumah Setelah Pindahan

Pertahankan Halaman dan Pohon

Ketika merenovasi rumah, kadangkala kita merelakan halaman dan pohon guna memperluas rumah. Padahal, pohon dan halaman merupakan elemen penting dalam keseimbangan lingkungan untuk kehidupan.

Selain gersang, ketiadaan pohon dan halaman bisa berakibat pada kelestarian lingkungan. Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran dari dalam diri untuk mempertahankan pohon dan halaman rumah.

Maksimalkan Fungsi Jendela

Penggunaan air conditioner (AC) yang berlebihan menjadi penyebab menipisnya lapisan ozon. Cobalah meminimalisasi penggunaan AC dengan memaksimalkan fungsi jendela.

Buatlah jendela yang terbuat dari kaca terbuka dengan spasi panel pembuka agak lebar, agar sirkulasi udara lancar.

Buatlah Ruang Terbuka

Buatlah ruang terbuka pada salah satu bagian rumah. Ruang terbuka yang menghadap alam akan memberikan aura positif pada rumahmu, sekaligus bisa digunakan sebagai tempat melepas penat.

Baca juga: Merawat Pagar Rumah agar Tahan Lama

Bijak Gunakan Furnitur

Furnitur juga harus digunakan secara bijak. Pilih furnitur ramah lingkungan dari bahan daur ulang.

Jika furnitur lama masih bisa digunakan, alih-alih membeli yang baru, gunakanlah dahulu furnitur tersebut. Hal tersebut bisa meminimalisasi penebangan hutan untuk keperluan furnitur. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me