Ternyata Abu Gosok Banyak Manfaatnya Lho!

Big Banner

Abu dapur atau biasa disebut abu gosok merupakan bahan yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Saat ini penggunaan abu ini memang mulai ditinggalkan.

Diduga abu dapur ini menimbulkan alergi terutama ketika pengguna tidak sengaja menghirupnya melalui hidung. Tapi, bagi sebagian orang abu dapur masih digunakan, karena dinilai lebih praktis dan mudah didapatkan.

Selain untuk mencuci piring, ternyata abu gosok punya manfaat yang lain. Berikut ini adalah manfaat abu gosok yang lain.

Baca juga: Lima Kesalahan Konsumen Saat Beli Perabot Rumah

Membersihkan Kaca

Kaca rumah atau kaca mobil yang buram dan kotor karena jamur yang membandel atau noda yang sulit dibersihkan bisa dihilangkan menggunakan abu gosok.

Caranya, basahi kaca dengan air terlebih dahulu, lalu taburkan abu gosok pada seluruh permukaannya. Kemudian, gosok perlahan dengan menggunakan kain katun yang halus, lalu bilaslah kaca tersebut.

Mengilapkan

Abu dapur juga bisa menglapkan bagian-bagian yang sudah kusam pada perabot, terutama yang berbahan dasar metal, seperti aluminium, besi dan stainless. Caranya hanya dengan mengoleskannya saja dan menggosok perlahan-lahan hingga menjadi kilap.

Baca juga: Tips Dapur Sehat

Obat Hama Tanaman

Fungsi lain dari abu gosok adalah bisa digunakan sebagai obat untuk mencegah hama pada tanaman rumah. Caranya cukup mencampurkan abu dapur dengan tanah dalam media penanaman, maka tanaman akan bebas dari serangan hama. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me