SMF Kucurkan Rp1 Triliun untuk Refinancing KPR Bank BTN

Big Banner

JAKARTA, jktproperty.com – PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) kucurkan dana sebesar Rp1 triliun kepada Bank BTN melalui program refinancing KPR bank BUMN itu. Dana sebesar Rp1 triliun berasal dari pembiayaan 14.507 debitur KPR yang akan dimanfaatkan oleh Bank BTN untuk meningkatkan penyaluran KPR-nya khususnya untuk program pembangunan sejuta rumah.

Menurut Raharjo Adisusanto, Direktur Utama SMF, sepanjang tahun 2015 SMF telah menyalurkan dana kepada Bank BTN sebesar Rp2,7 triliun. Sejak 2006 dana yang sudah disalurkan SMF kepada BTN mencapai Rp10,7 triliun dan sebanyak Rp5,7 triliun disalurkan kembali untuk KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

Menurut dia, penyaluran dana kepada Bank BTN ini terbesar dibanding penyaluran dana SMF kepada perbankan dan lembaga finansial lainnya. “Ini dikarenakan fokus SMF membantu pendanaan KPR melalui sekuritisasi aset KPR perbankan, salah satunya kepada BTN,” katanya usai melakukan penandatanganan kerjasama SMF-BTN yang dihadiri Direktur Bank BTN Imam Nugroho Soeko, di Kantor SMF Jakarta, akhir pekan lalu.

Lebih lanjut Raharjo mengatakan refinancing ini merupakan dukungan SMF untuk program pembangunan sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah. “Program ini membutuhkan dana sangat besar dan di sinilah peran SMF untuk membantu pendanaan dengan menyediakan sumber pembiayaan jangka panjang dengan bunga tetap,” katanya. (EKA)

 

 

 

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me