Banjir? Siapa Takut!

Big Banner

Bulan Februari ini, kita masih berada dalam musim penghujan. Salah satu masalah yang biasa dihadapi saat musim penghujan tiba adalah banjir.

Banjir memang membuat kita khawatir akan keselamatan diri dan barang-barang yang kita miliki, terutama bagi kalian yang tinggal di daerah rawan banjir. Merenovasi rumah memang salah satu solusi dalam membuat rumah bebas dari banjir.

Namun, renovasi apa sajakah yang harus dilakukan agar rumah bebas dari banjir dan tak memakan biaya besar? Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah air banjir tak masuk ke rumah.

Baca juga: Pompa Celup, Solusi Rumah di Daerah Rawan Banjir

Periksa Saluran Air

Cara paling mudah dalam menghindari banjir adalah memastikan saluran airmu lancar tanpa hambatan. Selalu periksa saluran airmu saat musim hujan. Apakah ada sampah yang akan menyumbat saluran airmu.

Membuat Biopori

Salah satu penyebab banjir adalah kurangnya tanah untuk lahan resapan air atau pun air yang tidak meresap ke dalam tanah. Untuk mempermudah masuknya air ke dalam tanah, kamu bisa membuat lubang biopori di halaman rumahmu, yang fungsinya mengoptimalkan daya serap air.

Buatlah lubang dengan kedalaman 100 cm, kemudian isi lubang dengan sampah organik atau sisa tanaman. Agar kuat, diberikan semen tebal 2 cm pada mulut lubang. Biaya untuk membuat biopori adalah sekitar 200 ribu rupiah.

Penanaman lubang biopori ini pernah menjadi program Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam menanggulangi banjir di kota Bandung.

Baca juga: Rumah Antibanjir

Menanam Tanaman

Menanam tanaman yang dapat menyerap air juga dapat menjadi solusi. Beberapa tanaman yang menyerap air dalam jumlah banyak adalah pohon jati, pohon bambu, mahoni, palem putri, rumput akar wangi, jabon, asam jawa, dan lain sebagainya.

Membuat Tanggul

Kamu bisa membuat tanggul yang berguna untuk penghalau air, di depan rumahmu, pada teras atau pintu masuk rumah jika hujan deras mulai tiba. Tanggul tersebut bisa berupa papan yang dipaku pada pintu ataupun tumpukan karung pasir.

Meninggikan Lantai

Cara terakhir adalah merenovasi rumah dengan meninggikan lantai. Memang akan memakan biaya yang pastinya lebih besar dibanding cara-cara di atas, namun terbukti efektif dalam membuat rumah bebas dari banjir.

Baca juga: Perhatikan Langkah Membersihkan Rumah Usai Banjir

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me