Ayo! Bersihkan Rumah Kamu Pasca-Banjir

Big Banner

Musim hujan tiba, bencana banjir pun mengintai. Rumah yang sempat terkena banjir, tentunya akan berantakan, kotor, dan bau. Belum lagi furnitur dan perabot rumah yang lembap, atau bahkan rusak dan hingga harus dibuang.

Pastinya ada banyak hal yang harus diperhatikan agar rumah kembali nyaman dan sehat usai diterpa banjir. Apa sajakah?

Baca juga: Pompa Celup, Solusi Rumah di Daerah Rawan Banjir

Sebelum membereskan rumah, terlebih dulu matikan aliran listrik. Biasanya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan langsung memutus aliran listrik di daerah yang dilanda banjir, namun tak ada salahnya kamu memastikannya kembali, bukan?

Perhatikan perabot makanmu, terutama yang berbahan dasar logam. Bersihkan dengan merendamnya dalam air panas atau siram dengan air mendidih terlebih dahulu untuk membunuh bakteri.

Baca juga: Rumah Antibanjir

Pasca-tergenangnya air dalam rumah, akan ada banyak lumpur dan kotoran yang masuk. Bersihkanlah dengan air bersih dan serokan karet, lanjutkan menggunakan kain pel dan cairan pembersih ruangan.

Aneka barang yang menyerap air akan lebih lama lembap. Ini sangat mungkin menjadi tempat berkembang biak kuman. Belum lagi bau tak sedap yang muncul.

Sebut saja sofa, pakaian, selimut, atau handuk. Keringkan di bawah sinar matahari langsung, namun sebelumnya, sebaiknya kamu cuci terlebih dulu.

Rumah pun tak asal kering, tapi juga bebas dari kuman, bakteri, dan bau tak sedap. (Vri)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me