Cara Dapatkan KPR Tanpa DP

Big Banner

Tak sedikit orang tersandung besaran uang muka atau DP untuk bisa memiliki rumah pertamanya. Kamu salah satunya? Jangan terburu-buru mengubur rencana membeli “istana” sebelum mencoba beberapa tips berikut.

Where there is a will, there is a way. Kalimat bukan sekadar ungkapan pembangkit semangat hidup, lho!

Beberapa bank memang menawarkan promo kredit pemilikan rumah (KPR) tanpa DP. Sayangnya, kebanyakan bank masih menerapkan syarat dan ketentuan yang mengharuskan kamu tetap menyediakan uang muka dengan istilah berbeda.

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk bisa mendapatkan KPR tanpa harus merogoh kocek terlebih dulu untuk membayar DP.

Manfaatkan Promo Pengembang

Banyak pengembang yang menawarkan promo untuk perumahannya. Maklum, persaingan di sektor penjualan rumah baru juga kian tinggi. Para developer pun berlomba menawarkan promo untuk menarik minat konsumen.

Potongan harga menjadi salah satu bentuk promo andalan para pengembang. Jadikan potongan harga itu sebagai celah kamu menghemat DP.

Misalnya, sebuah developer menawarkan potongan harga atau diskon sebesar 20 persen, maka pastikan dulu kamu memperoleh fasilitas tersebut. Lalu ajukan KPR ke bank dengan harga normal.

Keharusan membayar DP rumah baru sebesar 20 persen akan tertutup dengan diskon tersebut. Pasalnya, bank akan tetap menurunkan KPR, jika disetujui tentunya, dengan harga sebelum diskon.

Mark-up Harga Rumah Seken

Coba cari rumah seken dengan harga yang ditawarkannya cukup murah, yang artinya berada di bawah kisaran di sekitarnya.  Kamu harus pastikan versi murah itu dengan sedikit survei harga rata-rata di sekitar rumah tersebut ya!

Pasalnya, bank akan juga melakukan survei dan penilaian rumah dimaksud. Bank akan punya taksiran harga versinya sendiri, tapi biasanya tidak akan jauh dari pasaran.

Setidaknya, pastikan bahwa nilai taksiran bank atas rumah tersebut lebih besar daripada harga yang kamu sepakati dengan penjual. Sebisanya harga kesepakatan dengan penjual berada di bawah 70 persen dari nilai taksiran bank.

Jika bank menaksir harga Rp100 juta, maka kamu harus sepakati Rp70 juta. Andai mendapat harga lebih murah lagi, tentu akan semakin baik.

Ajukan KPR ke bank dengan nilai maksimal. Pihak bank pasti akan mensyaratkan DP sebesar 30 persen. Pada tahap ini, harus sedikit kerja sama dengan sang penjual yang menganggap kamu sudah membayar DP tersebut.

Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu lagi membayar uang muka, karena harga yang disepakati adalah Rp70 juta. Yuk, beli rumah!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me