Tips Membangun Rumah Sehat Sederhana

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Sebenarnya banyak macam masalah yang perlu diketahui dalam proses pembangunan rumah sehat sederhana, proses membangun rumah sehat harus direncanakan lama sebelum proses konstrusi bangunan hunian semisal membeli tanah pada lokasi yang tepat dan baik, perencanaan model desain rumah sehat, hingga konstruksi teknis dari pembangunan hunian itu oleh para pekerja bangunan.

Tips Membangun Rumah Sehat Sederhana

1. Pemilihan Lokasi Rumah Yang Sehat
Lokasi tanah yang akan dibangun hunian harus berada pada lingkungan dengan kriteria yang bersih, tertata, dipenuhi dengan pepohonan rindah, sumber air bersih yang cukup banyak serta udara yang segar dan sejuk. Memang benar tidak semua hal ini langsung tersedia pada lahan yang kita cari maka paling tidak ada beberapa kriteria ini.

2. Cukup Ventilasi Udara
Rumah yang sehat tentu mempunyai pintu, jendela serta ventilasi angin yang cukup karena dengan begitu maka anggota keluarga akan memperoleh sirkulasi udara yang segar dan lancar sehingga tidak lagi ada masalah akibat udara yang pengap, panas ataupun yang lainnya.

Kami sarankan supaya rumah yang dibangun ditentukan posisi pintu dan jendela untuk kegiatan anggota keluarga supaya nyaman dan aman. Dapur dan kamar mandi harus ada ventilasi udara untuk menghindarkan bau tidak sedap dan juga menghidari ledakan apabila gas elpisi bocor.

Apabila rumah yang dibangun sempit maka proses renovasi bisa dengan menambahkan beberapa alat elektronik semial exchaust fan, air conditioner (AC), kipas angin dan sejenisnya supaya sirkulasi udara segar di dalam rumah dapat lancar.

 
3. Menentukan Arah Hadap Rumah
Tips membangun rumah sehat sederhana selanjutnya ialah dengan menentukan arah hadap rumah Anda pada lokasi lahan. Memang benar bahwa semua arah hadap rumah ialah baik akan tetapi apabila dilakukan rekayasa teknis maka bisa dibuat rumah yang lebih sehat dan nyaman semisal rumah menghadap arah timur bakal memperoleh sinar matahari pagi yang banyak sehingga kesehatan keluarga bisa terjaga.

Apabila Anda membangun rumah arah hadap barat maka sebaiknya menanam pepohonan rindang untuk mengantisipasi panasnya siang dan sore hari.

4. Penggunaan Material Yang Tepat
Cara membangun rumah sehat bisa dengan memilih jenis material yang tepat sehingga hunian akan lebih aman, baik, kokoh, terhindar dari kerusakan dan lainnya. Seminimalisir mungkin Anda harus menghindari penggunaan bahan-bahan kimia yang bahaya bagi kesehatan, material bangunan dengan radiasi tinggi tidak perlu dipakai.

Cobalah untuk menyatu dengan alam dengan penggunaan material bagunan dari alam semisal batu alam, marmer, bambu, kayu dan lainnya. Selain sehat material alam akan mempermanis tampilan rumah Anda.

5. Membuat Taman Yang Hijau Dan Rindang
Anda sangat disarankan untuk membuat taman yang dipenuhi dengan tanaman berdaun hijau sehingga dapat menghasilkan udara yang lebih segar di pagi hingga sore hari. Tanaman berdaun hijau juga akan membuat pikiran lebih fresh dan pandangan mata lebih sejuk.

6. Membangun Kolam Ikan
Bangunlah kolam ikan karena dapat membuat pikiran penghuni rumah lebih adem, apalagi ditambahkan dengan pancuran dan air mancur yang mempunyai suara menenangkan jiwa.

Nah itulah tips membangun rumah sehat sederhana yang dapat segera Anda adopsi untuk konstruksi hunian impian bagi seluruh anggota keluarga Anda.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me